Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Liburan Hemat di Singapura

Kompas.com - 17/08/2014, 10:09 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

 

KOMPAS.com - Bagi masyarakat Indonesia, Singapura ibaratnya destinasi sejuta umat. Selain dekat, Singapura sangat mengerti bagaimana memanjakan wisatawan yang datang. Pentingnya lagi, kita bisa belajar tentang tata kelola pelayanan publik yang baik, misalnya saja sistem transportasi dan informasi yang baik.  

Kendala liburan ke Singapura adalah biaya hidup yang mahal. Maklum, negara yang dahulunya disebut Temasek ini termasuk kota termahal di dunia. Namun, ada beberapa cara agar biaya liburan ke Singapura tidak terlalu mahal. Berikut beberapa tips untuk menekan bujet liburan ke Singapura.

1. Kartu Turis Singapura atau Singapore Tourist Pass (STP)

STP adalah kartu khusus bagi para turis yang digunakan untuk transportasi umum di Singapura yaitu bus dan kereta api dalam kota atau LRT (The Light Right Transit). STP bisa digunakan bebas berapa kali sesuai masa berlakunya.

Masa berlaku STP ada yang 1 hari, 2 hari dan 3 hari. Turis bisa membeli sesuai kebutuhan. Untungnya lagi, uang deposit saat membeli STP bisa diambil kembali saat pulang atau istilahnya refund.

KOMPAS.COM/NICKY AULIA WIDADIO Esplanade Park, salah satu spot sepi untuk menikmati landmark Singapura.

Bandingkan bila harus membeli kartu LRT biasa, harga kartunya saja 10 dollar Singapura tanpa bisa dikembalikan.  Jarak 1-2 stasiun harganya tiketnya kisaran 1dollar Singapura sampai 2 dollar Singapura. STP  yang 1 hari harganya 10 dollar Singapura, 2 hari 16 dollar Singapura, dan 3 hari 20 dollar Singapura dengan deposit 10 dollar Singapura dan bebas dipakai berkali–kali sesuka kita. Tanpa terasa, kita bisa menghemat kisaran 20 dollar Singapura sampai 30 dollar Singapura per hari.

STP bisa dibeli di banyak tempat tapi paling mudah adalah di Bandara Changi. Jika bingung, carilah meja informasi atau Pusat Informasi Turis (Tourism Information Centre). Di sana akan banyak informasi bagi para turis. Brosur turis dan peta kota Singapura pun ada yang berbahasa Indonesia.

2. Belanja di Pasar Bugis

Belanja? Pasti. Apalagi oleh–oleh, tidak cukup cuma beli sedikit.  Pasar Bugis adalah tempat yang tepat belanja oleh–oleh di Singapura.  Bukan hanya murah tetapi juga banyak pilihan. Kita bisa beli oleh–oleh yang umum seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, dan pulpen mulai harga 1dollar Singapura sampai 10 dollar Singapura.

KOMPAS.COM/NICKY AULIA WIDADIO Merlion, Singapura.

Ada juga yang lebih bagus seperti hiasan dinding atau hiasan meja kisaran 10 dollar Singapura sampai 30 dollar Singapura. Termasuk makanan ringan, minyak wangi, kaos, sampai pernak-pernik fashion semua ada di Pasar Bugis.

3. Tinggal di penginapan murah

Bisa dikatakan tidak ada penginapan murah di Singapura. Rata–rata mahal. Tetapi kelebihan penginapan di Singapura adalah standar kebersihannya tinggi. Jadi jangan ragu untuk memilih menginap di hostel atau hotel bintang 2. Hostel saja harga per orangnya bisa dikisaran 20 dollar sampai 30 dollar Singapura  atau setara dengan Rp 200.000 sampai Rp 300.000. Hotel bintang 2 per kamar bisa mencapai 50 dollar Singapura atau setara dengan Rp 500.000. Akan terasa lebih murah bila berbagi atau patungan dengan teman jalan.

4. Makan di food court dan minimarket

Makan di food court bukan hanya murah tetapi juga bisa mengetahui dan mencicipi berbagai macam makanan khas lokal Singapura. Rata–rata harga seporsi makanan kisaran 3 dollar Singapura sampai 6 dollar Singapura. Kalau di kafe atau restoran seporsi dengan menu tidak jauh beda bisa 15 dollar Singapura  sampai 30 dollar Singapura. Jangan khawatir, food court di Singapura juga bersih dan mudah ditemui di setiap sudut jalanan. Bila terpaksa, bisa beli makanan yang siap dihangatkan di minimarket yang bertebaran di Kota Singa ini.

KOMPAS.COM/NICKY AULIA WIDADIO Singapura

5. Ke tempat gratis

Menikmati liburan bukan selalu ke atraksi yang mewah dan mahal. Di Singapura banyak menawarkan tempat–tempat bagus atau tempat turistik yang bisa dinikmati dengan gratis. Misalnya saja foto–foto di patung Merlion, taman Marina Bay, dan Universal Studio. Bisa juga jalan di sepanjang Jalan Orchard. Di sana banyak pusat perbelanjaan mewah dengan bentuk bangunan yang unik.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com