Kompas.com - 17/08/2014, 11:28 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi anda pecinta teh poci, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Wasgitel. Wasgitel merupakan singkatan dari wangi, panas, sepet, legi, dan kentel (kental), cita rasa utama dari teh poci.

Teh poci sendiri merupakan minuman khas dari daerah Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes dan sekitarnya.  Untuk anda yang ingin mencicipi nikmatnya teh poci di Ibu Kota, ada sebuah warung di daerah Kemayoran, Jakata Pusat yang menyajikan minuman tersebut.

Warung yang sudah berdiri sejak tahun 60’an ini berada di Jalan Garuda Ujung, RW 08, letaknya di dalam gang dekat gapura jalan. Sebenarnya warung ini memiliki hidangan utama berupa ketan kukus dengan parutan kelapa dan susu kental manis.

Tidak lengkap rasanya jika menyantap ketan susu di warung ini tanpa menyeruput teh poci. Sebuah hidangan sederhana untuk menemani akhir pekan anda.

Tidak ada nama yang pasti untuk warung ini, warga sekitar biasa menyebutnya sebagai warung tansu (ketan susu). Jika waktu sudah menjelang sore hingga malam, anda kemungkinan harus mengantre untuk mendapatkan tempat duduk di warung tansu karena ramai pengunjung.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Suasana di warung ketan susu Kemayoran, Jakarta Pusat.
Teh poci yang disajikan di warung tansu hampir sama seperti teh poci pada umumnya. Poci yang terbuat dari tanah liat merupakan ciri khas dari minuman ini. Di dalam poci tersebut dimasukkan teh tubruk dan air mendidih. Aroma wangi segera tercium ketika air teh sudah dituang ke dalam gelas.

Salah satu kekurangan dari teh poci di warung tansu adalah penyajiannya yang menggunakan gula pasir. Idealnya, teh poci disajikan dengan gula batu, agar rasa manis yang disajikan tidak terlalu kuat. Namun hal tersebut bukan menjadi masalah karena cita rasa wasgitel masih terasa dalam teh poci ini.

Selain teh poci dan ketan susu, pengunjung bisa mencicipi tempe goreng yang ada di warung tansu tersebut. Untuk menikmati sepaket ketan susu, teh poci, dan empat potong tempe goreng, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 11.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.