Kompas.com - 17/08/2014, 15:20 WIB
Sajian teh beras merah d kedai teh Rumate, Jalan Haji Agus Salim 18, Jakarta Pusat. KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANGSajian teh beras merah d kedai teh Rumate, Jalan Haji Agus Salim 18, Jakarta Pusat.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak banyak kedai teh yang dapat anda jumpai di Jakarta. Rata-rata kedai di Ibu Kota menyajikan hidangan kopi sebagai menu utamanya. Namun tidak perlu khawatir, bagi anda yang ingin mencicipi berbagai hidangan teh. Anda dapat mampir ke Rumate, sebuah kedai teh di Jalan Haji Agus Salim 18, Jakarta Pusat.

“Kedai teh ini berdiri sejak tanggal 21 Juni 2013 dipelopori oleh Bondan Winarno sebagai pendirinya,” tutur Marketing Communication Rumate, Yurike Maeda kepada Kompas.com.

Yurike menjelaskan, Rumate berasal dari kata Rumat, bahasa Jawa yang artinya merawat. Rumate sendiri juga merupakan singkatan dari Rumah Teh. Kedai teh ini mengusung konsep era 50-an hingga 70-an, terlihat dari dekorasi berupa poster-poster jadul yang dipajang.

“Pengunjung rata-rata memesan teh beras merah dan teh anti flu di kedai ini. Kedua teh ini sangat baik untuk menjaga kesehatan,” kata Yurike.

Teh beras merah yang disajikan di dalam teko keramik ini memiliki cita rasa yang khas. Ada aroma beras merah yang terasa jika pengujung menyeruput teh ini. Bahan utama dari teh ini adalah beras merah yang disangrai kemudian disiram dengan air teh. Teh ini disajikan tawar, tanpa tambahan gula.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Suasana era 50-an hingga 70-an di kedai teh Rumate, Jalan Haji Agus Salim 18, Jakarta Pusat.
"Teh beras merah ini sengaja tidak diberi gula agar khasiat dari tehnya tidak berkurang. Teh beras merah ini bisa meningkatkan anti bodi dan daya tahan tubuh,” ujar Yurike.

Selain teh beras merah, ada juga beberapa sajian teh lain seperti teh anti flu dengan bahan dasar batang sereh, teh djahe goalpara dengan bahan utama jahe dan teh, teh rosella tajin dengan bahan dasar utama bunga rosella.

Ada juga teh chai india yang rasanya seperti teh tarik dengan aroma kayu manis. Kisaran harga teh di sini dari Rp 8.000 hingga Rp 20.000. Bisa jadi kedai teh ini bisa menjadi salah satu referensi kuliner anda di akhir pekan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.