Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Cicipi Rasa Khas Teh Beras Merah

Kompas.com - 17/08/2014, 15:20 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak banyak kedai teh yang dapat anda jumpai di Jakarta. Rata-rata kedai di Ibu Kota menyajikan hidangan kopi sebagai menu utamanya. Namun tidak perlu khawatir, bagi anda yang ingin mencicipi berbagai hidangan teh. Anda dapat mampir ke Rumate, sebuah kedai teh di Jalan Haji Agus Salim 18, Jakarta Pusat.

“Kedai teh ini berdiri sejak tanggal 21 Juni 2013 dipelopori oleh Bondan Winarno sebagai pendirinya,” tutur Marketing Communication Rumate, Yurike Maeda kepada Kompas.com.

Yurike menjelaskan, Rumate berasal dari kata Rumat, bahasa Jawa yang artinya merawat. Rumate sendiri juga merupakan singkatan dari Rumah Teh. Kedai teh ini mengusung konsep era 50-an hingga 70-an, terlihat dari dekorasi berupa poster-poster jadul yang dipajang.

“Pengunjung rata-rata memesan teh beras merah dan teh anti flu di kedai ini. Kedua teh ini sangat baik untuk menjaga kesehatan,” kata Yurike.

Teh beras merah yang disajikan di dalam teko keramik ini memiliki cita rasa yang khas. Ada aroma beras merah yang terasa jika pengujung menyeruput teh ini. Bahan utama dari teh ini adalah beras merah yang disangrai kemudian disiram dengan air teh. Teh ini disajikan tawar, tanpa tambahan gula.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Suasana era 50-an hingga 70-an di kedai teh Rumate, Jalan Haji Agus Salim 18, Jakarta Pusat.
"Teh beras merah ini sengaja tidak diberi gula agar khasiat dari tehnya tidak berkurang. Teh beras merah ini bisa meningkatkan anti bodi dan daya tahan tubuh,” ujar Yurike.

Selain teh beras merah, ada juga beberapa sajian teh lain seperti teh anti flu dengan bahan dasar batang sereh, teh djahe goalpara dengan bahan utama jahe dan teh, teh rosella tajin dengan bahan dasar utama bunga rosella.

Ada juga teh chai india yang rasanya seperti teh tarik dengan aroma kayu manis. Kisaran harga teh di sini dari Rp 8.000 hingga Rp 20.000. Bisa jadi kedai teh ini bisa menjadi salah satu referensi kuliner anda di akhir pekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com