Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo, Coba Dulu Coto Kita, Asli Makassar...

Kompas.com - 18/08/2014, 08:54 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

 

GADING SERPONG, KOMPAS.com – Ingin menghabiskan akhir pekan dengan berwisata kuliner? Datanglah ke Festival Kuliner Serpong (FKS) yang diadakan hingga 7 September 2014. Pasalnya banyak sajian khas Sulawesi di sana.

Kalau akhir pekan ini menyempatkan waktu untuk datang ke sana, jangan lupa mampir ke stand COTOTA’ yang menyajikan coto makassar. Datang ke sini, Anda akan langsung disambut oleh Robert, pemilik COTOTA’.

“Ayo, coba dulu coto kita, asli Makassar,” ujar Robert menyapa pengunjung yang berlalu-lalang. Beberapa dari orang-orang yang tak sengaja lewat memang tertarik dengan coto buatan Robert. “Banyak orang datang kembali ke warung kita. Kita juga buka di kawasan Gading Serpong ini,” ujar Robert saat berbincang dengan Kompas Travel.

Di warung soto miliknya, Robert khusus menjual coto makassar saja yaitu soto daging khas kota Daeng. Dalam semangkuk sajian coto makassar yang dijajakannya di FKS, terdapat buras dengan daging sapi bercampur isi perut (jeroan) sapi. Tapi hari itu, terlihat banyak pengunjung yang memesan daging sapi campur paru saja dalam coto-nya.

“Sebenarnya biasanya ada yang pesan coto dengan nasi, tapi di sini kita tidak menyediakan nasi melainkan buras saja,” ungkapnya.

Robert mengaku, warung miliknya cukup ramai saat hari-hari biasa. “Mungkin karena rasa coto makassar yang cocok dengan lidah orang sini ya,” akunya.

Selain itu, lanjut Robert, rempah dan bumbu yang digunakan memang berbeda. Ia menambahkan beberapa rempah yang mungkin tak ditambahkan pada coto makassar yang dijajakan warung lain. “Ada rempah tambahan, tapi rahasia,” tuturnya tersenyum.

Stand milik Robert di FKS itu tak berhenti dibuka lantaran ramainya pengunjung yang ingin mencicipi coto makassar buatannya. Satu porsi coto makassar ini dihargai Rp 28.000. “Tak ada perbedaan harga di warung kita dengan di sini, sama-sama segini,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com