Kompas.com - 18/08/2014, 18:07 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan sebanyak 3.479 seniman dan 1.000 orang pendukung terlibat dalam Pawai Seni dan Budaya Kreatif 2014 yang digelar di Jakarta, Senin (18/8/2014), dalam rangka menyambut HUT ke-69 Kemerdekaan RI.

"Dalam Pawai Seni dan Budaya 2014 melibatkan 3.479 seniman dan pendukung 1.000. Didukung dinas terkait dari 33 provinsi serta akan dinilai oleh delapan juri," kata Mari Elka Pangestu.

Kemenparekraf menggelar pawai budaya kreatif bertema Indonesia Bersatu di seputar kawasan Medan Merdeka dan Istana, Jakarta, pada 18 Agustus 2014 menyambut hari ulang tahun ke-69 Republik Indonesia.

Pawai Seni dan Budaya Kreatif itu diikuti oleh 33 provinsi dan tiga komunitas termasuk Komunitas Reog Pawitandirogo, Komunitas Polisi Cilik dari Bekasi, dan Jember Fashion Carnaval, serta dimeriahkan oleh Marching Band Istiqlal dan dua BUMN.

"Tema pawai tahun ini adalah Indonesia Bersatu yang menggambarkan bangsa Bhinneka Tunggal Ika, melalui tema ini tiap provinsi menampilkan potensi budaya, kreativitas, adat-istiadat, tari, musik, dan properti yang dipertunjukkan," katanya.

Mari mengatakan pawai kali ini digarap secara spektakuler dengan menghadirkan mahakarya kreasi seni dan budaya anak bangsa. Pawai tersebut dilaksanakan pada 18 Agustus 2014 pukul 14.00 WIB dan peserta pawai berjalan mengelilingi kawasan Monas sehingga masyarakat bisa menyaksikan langsung penampilan mereka.

Para peserta dari daerah tidak saja menampilkan mobil hias yang memperlihatkan sejumlah keunggulan lokal, tetapi juga memperlihatkan beragam bentuk kretivitas para seniman yang diwujudkan dalam bentuk tari, musik, dan tampilan menarik lainnya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Arak-arakan Pawai Seni dan Budaya Kreatif 2014 melintasi Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (18/8/2014). Pawai budaya bertemakan 'Indonesia Bersatu' ini digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Menurut Mari, dari pelaksanaan pawai budaya kreatif itu, dewan juri yang antara lain melibatkan penyanyi dan koreografer akan menetapkan 10 penampil terbaik tanpa jenjang. Peserta yang lolos menjadi penampil terbaik akan memperoleh penghargaan khusus dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selama pelaksanaan pawai, masing masing kontingen daerah menampilkan bentuk-bentuk seni pertunjukan istimewa di depan tribun kehormatan, tempat Presiden dan Ibu Negara serta jajaran pejabat tinggi lainnya menyaksikan pentas seni pertunjukan itu selama 2,5 menit.

"Pergelaran pawai budaya kreatif ini ke depan diharapkan mampu meningkatkan kreativitas karya seni pertunjukan dalam bentuk karnaval bercirikan budaya Indonesia serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni dan budaya di Indonesia," kata Mari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.