Kompas.com - 19/08/2014, 15:36 WIB
Penulis Michael
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Tenaga kerja yang profesional dan kompeten di sektor pariwisata sangat dibutuhkan jika Indonesia tidak ingin tertinggal menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Untuk itu, proses sertifikasi merupakan hal yang krusial untuk dilakukan oleh para pelaku industri terutama pariwisata.

Uji kompetensi adalah suatu proses yang harus dilakukan untuk menilai kompetensi tenaga kerja. Namun, sertifikasi masih dipandang sebelah mata karena sifatnya yang sukarela padahal sertifikasi sangat penting karena akan menentukan tingkat profesionalitas pekerja dan badan usaha.

Proses sertifikasi dilakukan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sebagai kepanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). "Sejauh ini jumlah tenaga kerja yang telah disertifikasi adalah sebanyak 28.933 tenaga kerja dan calon tenaga kerja," ujar Rachmad Sugiyanto, Ketua LSP Hotel dan Restoran pada Konferensi Nasional di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Menurut Rachmad, target yang akan dicapai di tahun 2014 adalah sejumlah 33.717 tenaga kerja dan calon tenaga kerja.

Dengan mensertifikasi tenaga kerja pariwisata diharapkan pada saat MEA diterapkan pada 2015 dan masuknya tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia dan sebaliknya, pekerja Indonesia dapat diakui oleh negara-negara di ASEAN sebagai tenaga kerja yang profesional, kompeten dan bersertifikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.