Kompas.com - 20/08/2014, 08:06 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, situs perjalanan TripAdvisor mengadakan survei yang melibatkan responden dari Asia Tenggara. Di antara maskapai penerbangan yang terbang di kawasan ini, para wisatawan di Asia Tenggara memilih maskapai-maskapai favorit mereka.

Untuk maskapai bertarif rendah atau low cost carrier, AirAsia keluar sebagai favorit. Singapore Airlines keluar sebagai favorit di kategori maskapai dengan pelayanan penuh atau full service carrier.

Survei tersebut melibatkan 1.262 wisatawan dari Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia dari 25 Juni ke 8 Juli 2014. Wisatawan dari kawasan ini merupakan kelompok yang sering bepergian. Bahkan 96 persen dari responden merencanakan penerbangan ke luar negeri di tahun 2014.

Sedangkan untuk kategori bandara, Singapore Changi Airport yang berada di Singapura, dikenali sebagai bandara favorit di wilayah Asia Tenggara. Sebanyak 64 persen dari responden memilihnya sebagai bandara favorit mereka.

Penumpang menyebut “navigasi yang mudah” (45 persen), “pilihan luas untuk berbelanja” (44 persen) dan “banyak pilihan tempat makan” (41 persen) sebagai alasan mengapa Changi berada di posisi atas.

Dok. Air Asia Indonesia Penumpang dan awak kabin AirAsia.
Sementara itu, fitur dari TripAdvisor yaitu TripAdvisor Flight Search dapat membantu wisatawan menemukan penerbangan termurah dan membuat keputusan pemesanan terbaik. TripAdvisor Flight Search menunjukkan ribuan foto kabin, termasuk dari Garuda Indonesia dan hampir semua penerbangan internasional yang terbang ke Indonesia.

Selain itu, TripAdvisor juga menunjukkan peta yang dikategorikan dengan warna dari SeatGuru, sebuah situs ulasan peta maskapai penerbangan di dunia. Informasi lainnya seperti peringkat penerbangan, ruang untuk kaki oleh maskapai penerbangan dan jenis pesawat serta peringkat tempat duduk juga tersedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.