Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai dan Bandara Terfavorit di Asia Tenggara Adalah...

Kompas.com - 20/08/2014, 08:06 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, situs perjalanan TripAdvisor mengadakan survei yang melibatkan responden dari Asia Tenggara. Di antara maskapai penerbangan yang terbang di kawasan ini, para wisatawan di Asia Tenggara memilih maskapai-maskapai favorit mereka.

Untuk maskapai bertarif rendah atau low cost carrier, AirAsia keluar sebagai favorit. Singapore Airlines keluar sebagai favorit di kategori maskapai dengan pelayanan penuh atau full service carrier.

Survei tersebut melibatkan 1.262 wisatawan dari Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia dari 25 Juni ke 8 Juli 2014. Wisatawan dari kawasan ini merupakan kelompok yang sering bepergian. Bahkan 96 persen dari responden merencanakan penerbangan ke luar negeri di tahun 2014.

Sedangkan untuk kategori bandara, Singapore Changi Airport yang berada di Singapura, dikenali sebagai bandara favorit di wilayah Asia Tenggara. Sebanyak 64 persen dari responden memilihnya sebagai bandara favorit mereka.

Penumpang menyebut “navigasi yang mudah” (45 persen), “pilihan luas untuk berbelanja” (44 persen) dan “banyak pilihan tempat makan” (41 persen) sebagai alasan mengapa Changi berada di posisi atas.

Dok. Air Asia Indonesia Penumpang dan awak kabin AirAsia.
Sementara itu, fitur dari TripAdvisor yaitu TripAdvisor Flight Search dapat membantu wisatawan menemukan penerbangan termurah dan membuat keputusan pemesanan terbaik. TripAdvisor Flight Search menunjukkan ribuan foto kabin, termasuk dari Garuda Indonesia dan hampir semua penerbangan internasional yang terbang ke Indonesia.

Selain itu, TripAdvisor juga menunjukkan peta yang dikategorikan dengan warna dari SeatGuru, sebuah situs ulasan peta maskapai penerbangan di dunia. Informasi lainnya seperti peringkat penerbangan, ruang untuk kaki oleh maskapai penerbangan dan jenis pesawat serta peringkat tempat duduk juga tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com