Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Parameter Ekonomi Kreatif Masa Depan? Ini Jawabannya...

Kompas.com - 21/08/2014, 11:51 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan ekonomi kreatif mendorong industri di bidang ini berlomba-lomba memberikan dan mempertahankan kualitas. Padahal di mata Direktur Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kemenparekraf, Ahman Sya, hal tersebut tidaklah cukup.

"Muara ekonomi kreatif itu adalah kesejahteraan hidup, maka tak cukup kalau kita hanya berbicara soal kualitas. Parameter ini sudah sangat biasa dan dipakai oleh hampir semua orang di mana pun," katanya di Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Maka dari itu perlu elemen lainnya yang harus diterapkan para pelaku industri bidang ekonomi kreatif dalam menentukan parameter. "Bukan lagi kualitas tapi harus super kualitas, super efisien, memiliki daya jual, dan juga visioner," ujar Ahman.

Menurut Ahman, hal ini perlu karena memiliki korelasi dengan visi manajemen modern yang mengedepankan sumber daya manusia (SDM) produktif yang andal dengan landasan budaya kokoh.

"SDM produktif haruslah dapat menempatkan budaya sebagai sumber inspirasi. Di sini yang berperan adalah pikiran karena modal dasar ekonomi kreatif adalah otak manusia. Jadi mana mungkin hanya kualitas saja yang perlu diperhatikan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com