Kompas.com - 22/08/2014, 15:09 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KUNINGAN, KOMPAS.com - Memiliki beragam obyek wisata alam dengan cuaca yang sejuk, itu lah Kuningan yang berada di Provinsi Jawa Barat. Sayang, tak banyak orang yang tahu akan keindahan alamnya. Tetapi tiga tahun belakangan, kabupaten yang dikenal dengan tape ember-nya ini mulai memperlihatkan pesona.

"Banyak hal yang masih menjadi pekerjaan rumah kami untuk mempromosikan pesona wisata di Kuningan," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kuningan, Teddy Suminar, Kamis (21/8/2014).

Salah satu cara yang dipakai Disparbud untuk mendapatkan daya tarik bagi wisatawan yaitu dengan mengembaangkan ekonomi kreatif. "Pengembangan ekonomi kreatif menjadi program awal rintisan Disparbud Kuningan, di mana kami mengumpulkan para perajin batik, angklung, sampai penjaja kuliner khas," jelas Teddy.

Dalam pelaksanaannya, Disparbud Kuningan tak berjalan sendiri melainkan berjalan beriringan bersama masyarakat. Untuk itulah dibuat desa-desa wisata di mana masyarakat turut ikut campur dalam mengembangkan pariwisata Kuningan.

SENDY ADITYA SAPUTRA Gedung Perundingan Linggarjati di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
"Kami yakin, ekonomi kreatif menjadi satu daya tarik tersendiri di bidang pariwisata. Maka harapan kami ke depannya bukan hanya obyek wisata alam yang dikenal tetapi juga desa wisata sebagai pengembangan ekonomi kreatif," ujar Teddy.

Saat ini desa wisata yang sudah berhasil diwujudkan di antaranya Desa Wisata Cigugur dan Desa Wisata Cibuntu. Di Cigugur, wisatawan bisa mengunjungi sanggar angklung, wisata terapi ikan dan sentra oleh-oleh rumahan di mana para pembuat tape ember dan makanan lainnya berada dalam satu kawasan. Sedangkan di Desa Wisata Cibuntu merupakan sentra oleh-oleh dan pembuat keripik buah berada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.