Camilan Wajib Coba di Eropa

Kompas.com - 22/08/2014, 17:08 WIB
Arancini, camilan khas Italia. ShutterstockArancini, camilan khas Italia.
Penulis Michael
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Budaya menikmati camilan ringan dan teh atau kopi di sore hari menjadi suatu yang umum di beberapa negara di Eropa. Tetapi, tradisi menikmati camilan ringan, tak hanya di sore hari.

Di beberapa negara, Anda bisa saja menemukan kebiasaan makan camilan di antara sarapan dan makan siang. Bahkan di penghujung hari, setelah makan malam, camilan ditemani minuman beralkohol. Jadi pelesiran di Eropa, saatnya menikmati aneka kudapan layaknya penduduk setempat.

Cicchetti di Venesia, Italia. Cicchetti adalah camilan kecil yang dapat ditemukan di Bacari, sebuah bar kasual yang dipenuhi oleh penduduk setempat di penghujung sore hari. Biasanya camilan ini dipajang di dalam lemari kaca. Camilan dalam ukuran kecil ini biasanya dimakan dengan bantuan tusuk gigi. Bisa juga dinikmati dengan potongan roti baguette.

Camilan yang perlu dicoba adalah Arancini atau risotto berbentuk bola yang digoreng. Juga Baccala Mantecato atau ikan cod asin yang dihaluskan dan dioleskan di atas roti. Tempat rekomendasi untuk menemukan Ciccheti adalah "Cantione Gia’ Schiavi" di distrik Dorsoduro atau "Corte Sconta" di lingkungan Castello.

Tapas di Spanyol. Camilan asal Spanyol ini mungkin sudah mulai akrab di kalangan orang Indonesia, terutama kota besar seperti Jakarta. Ya, di Jakarta sendiri sudah banyak restoran yang menjual aneka Tapas.

Tapas atau camilan ringan ini biasa dinikmati sambil minum. Tetapi seringkali Tapas juga dinikmati sebagai makanan utama namun dalam porsi kecil. Cara unik untuk menikmati Tapas di Spanyol adalah dengan melakukan tur kuliner Tapas.

Awali dengan makan salah satu jenis Tapas dengan minuman di suatu bar. Lalu lanjutkan ke bar lain untuk gelas kedua bersama sepiring kecil Tapas jenis lainnya. Coba nikmati Tortilla Espanola yaitu omelette atau telur dadar khas Spanyol yang berisi kentang dan bawang bombay.

Pilihan lain adalah Gambas Al Ajillo atau tumisan udang dan bawang putih. Bisa juga Patatas Bravas atau kentang digoreng dan disiram dengan saus pedas. Pilihan untuk mencoba Tapas bisa di Barselona. Di sini terdapat jalan yang dipenuhi bar dan restoran yang menawarkan Tapas dan minuman dengan harga yang murah.

Cobalah Tapantoni di daerah Sant Antoni. Di Madrid, cobalah Tapas klasik di La Bodega la Ardosa atau pilihan yang lebih berani di La Musa Latina.

Shutterstock Afternoon tea khas Inggris dengan camilan Scone.
Teh di Inggris. Orang Inggris menganggap teh sebagai sesuatu yang serius. Jadi tidak heran mereka membuat camilan khusus untuk minuman tersebut. Bermula di tahun 1830-an, menikmati teh sambil makan camilan di sore hari, kini hadir dalam dua bentuk.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X