Disparbud Kuningan Usulkan Pasar Wisata Tahun 2015

Kompas.com - 23/08/2014, 13:08 WIB
Obyek wisata air Cipaniis di Desa Paniis, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, adalah salah satu kawasan wisata di kabupaten tersebut yang akan ditingkatkan fasilitasnya. Selain menjadi obyek wisata andalan, kawasan Cipaniis juga menghasilkan sumber air bagi warga di wilayah Cirebon. Kawasan wisata tersebut juga dilengkapi dengan bumi perkemahan seluas 2 hektar yang representatif bagi penggemar berkemah. KOMPAS/RINI KUSTIASIHObyek wisata air Cipaniis di Desa Paniis, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, adalah salah satu kawasan wisata di kabupaten tersebut yang akan ditingkatkan fasilitasnya. Selain menjadi obyek wisata andalan, kawasan Cipaniis juga menghasilkan sumber air bagi warga di wilayah Cirebon. Kawasan wisata tersebut juga dilengkapi dengan bumi perkemahan seluas 2 hektar yang representatif bagi penggemar berkemah.
|
EditorI Made Asdhiana
KUNINGAN, KOMPAS.com - Fokus terhadap para pelaku ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kuningan, Jawa Barat usul diadakan Pasar Wisata pada 2015 mendatang. "Para pelaku ekonomi kreatif perlu disediakan tempat agar terpusat," ungkap Kepala Disparbud Kuningan, Teddy Suminar, Kamis (21/8/2014).

Teddy menyebutkan bahwa Pasar Kreatif yang dicanangkan mengangkat konsep layaknya plaza kreatif. "Di sana nanti terdapat para pelaku ekonomi kreatif, sentra oleh-oleh, dan juga pusat seni dan budaya di mana banyak seniman berkumpul," katanya.

Bahkan tak hanya itu saja, di Pasar Wisata akan ada workshop, di mana wisatawan dapat melihat langsung pembuatan makanan khas, cenderamata dan alat musik khas Kuningan. "Akan ada banyak pergelaran dan festival yang juga bisa diselenggarakan di sana," katanya.

Pasar wisata rencananya berlokasi di Open Space Gallery, Desa Linggasana. Kawasan tersebut saat ini masih berupa lapangan terbuka dan ada gazebo-nya. Biasanya, pergelaran seni dan budaya memang banyak diselenggarakan di sana.

Pengembangan ekonomi kreatif di Kuningan memang sedang fokus dilakukan sebagai solusi daya tarik wisatawan. Saat ini, sambil menunggu restu Pemerintah Pusat untuk menyetujui usulan berdirinya Pasar Wisata 2015 sudah berdiri desa-desa wisata di Kabupaten Kuningan. Diantaranya, di Cigugur dan Cibuntu.

Ke depannya, sentra-sentra kreatif seperti ini dapat mewujudkan Kuningan Mandiri 2018. "Kuningan Mandiri merupakan tujuan dari ekonomi kreatif di samping mendatangkan banyak wisatawan," tambah Teddy.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X