Kompas.com - 23/08/2014, 15:41 WIB
EditorI Made Asdhiana
WAISAI, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, mengatakan pelaksanaan Sail Raja Ampat 2014 mendorong peningkatan pengunjung ke daerah tersebut hingga 100 persen.

"Sail Raja Ampat mendorong pariwisata. Mendorong peningkatan layanan akomodasi dan transportasi. Kini, penerbangan dari Jakarta ke Sorong semakin banyak," kata Agung Laksono di Waisai, Raja Ampat, Sabtu (23/8/2014).

Untuk menuju Raja Ampat memang harus melalui Kota Sorong. Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, bisa dituju menggunakan kapal cepat dari Sorong hanya dalam waktu tidak lebih dari dua jam.

Fakta peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat itu pada akhirnya juga mendorong daerah-daerah lain untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah acara tahunan Sail Indonesia. "Kegiatan tahunan Sail Indonesia terbukti telah meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Gorontalo, Lombok, Karimata dan lain-lain telah mengajukan diri menjadi tuan rumah," tuturnya.

Agung berharap usulan berbagai daerah itu bisa disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada pemerintahan selanjutnya, yaitu presiden terpilih Joko Widodo.

Acara puncak Sail Raja Ampat 2014 berlangsung Sabtu dan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sail Raja Ampat 2014 akan menjadi acara tahunan Sail Indonesia yang keenam sekaligus terakhir yang dibuka oleh Presiden Yudhoyono sebelum mengakhiri masa jabatannya Oktober mendatang.

Sebelumnya, Presiden Yudhoyono membuka Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Wakatobi-Belitong 2011, Sail Morotai 2012 dan Sail Komodo 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.