Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Menyantap Bola-bola Isi Gurita

Kompas.com - 24/08/2014, 10:31 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Bagi anda penikmat hidangan Jepang, tentunya tidak asing lagi dengan sajian takoyaki. Hidangan berbentuk bola-bola dengan isi daging gurita ini memiliki cita rasa unik di lidah penggemarnya. Jika anda sedang berwisata ke Bandung, tidak ada untuk mampir ke sebuah kedai yang menyajikan hidangan okonomiyaki ini.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Hidangan Takoyaki di kedai Ling-Ling, Bandung
Kedai Ling-Ling di Jalan Sultan Agung, daerah Trunojoyo, mengusung konsep kedai kaki lima yang menjual hidangan khas Jepang. Kedai ini sebenarnya sudah buka dari tahun 2005, berlokasi di dekat SMA Santo Aloysius, Bandung. Tidak heran jika sebagian besar pengunjung yang datang masih berstatus pelajar.
 
Hidangan utama di kedai ini adalah takoyaki. Hidangan ini terbuat dari tepung yang diisi daging gurita, kemudian dituang ke dalam cetakan yang panas. Setelah matang, bola-bola tepung ini disajikan dengan saus Jepang, mayonaise dan irisan Katsuo. Katsuo sendiri adalah olahan daging ikan yang diserut hingga tipis.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Suasana Kedai Ling-Ling di Jalan Sultan Agung, Trunojoyo, Bandung, Jawa Barat.
Seporsi takoyaki terdiri dari lima buah bola-bola tepung. Paduan rasa manis dari saus Jepang dan rasa asin dari katsuo terasa pas di lidah. Anda juga dapat menambahkan bubuk cabai jika ingin menambahkan rasa pedas di takoyaki tersebut.

Tidak hanya takoyaki, ada juga hidangan sobayaki yang dapat anda nikmati di kedai ini. Sobayaki merupakan hidangan seperti omelete. Bahan bakunya adalah telur dengan campuran mie soba yang sudah direbus. Setelah dicampur, bahan-bahan tersebut kemudian digoreng dan disajikan dengan saus Jepang, mayonaise, dan irisan Katsuo.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Hidangan mango dessert, ice macha latte, dan thai tea di Kedai Ling-Ling, Bandung, Jabar.
Untuk hidangan penutup, anda juga bisa memesan mango dessert,  hidangan jelly dengan kuah rasa mangga dan memesan minuman berupa ice matcha latte atau thai tea. Untuk seporsi takoyaki anda cukup merogoh kocek sebesar, Rp 19.000 dan untuk sobayaki seharga Rp 22.000.

Kisaran harga di kedai ini dari Rp 8.000 – hingga Rp 30.000. Kedai ini ramai di jam-jam makan siang. Jadi anda jangan kaget jika harus waiting list terlebih dahulu jika kedai sedang ramai pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com