Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Suki Dua Rasa di Taka Suki

Kompas.com - 24/08/2014, 13:02 WIB
Michael

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukiyaki atau yang lebih dikenal dengan nama Suki adalah makanan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Sukiyaki sendiri merupakan hidangan rebusan daging-daging (biasanya sapi, ikan, udang, cumi), sayur-sayuran dan tahu di dalam panci besi dan pengunjung sendiri yang melakukan proses memasaknya.

Terkenalnya hidangan ini dapat terlihat dari beberapa restoran yang membubuhkan kata suki di belakang namanya. Salah satunya adalah restoran Taka Suki.

KOMPAS.COM/MICHAEL Proses memasak sukiyaki.
Taka Suki dengan desain modern minimalis menggunakan sedikit dekorasi ala Jepang seperti pintu dengan kaca kotak-kotak, pintu geser dan pohon sakura buatan yang mengingatkan pada negeri sakura tersebut. Taka Suki berada di Jalan Boulevard Raya BA2 No. 46, Gading Serpong, Tangerang,   sederet dengan ruko BCA Gading Serpong. Restoran ini telah berdiri selama empat tahun sejak 2010.

Sukiyaki di sini dapat dipesan dengan dua cara yaitu paket atau memilih sendiri lauknya di lemari pendingin. Pilihan paket di sini pun beragam, ada Taka 1 sampai Taka 3 untuk dua orang dan Taka 4 sampai Taka 6 untuk empat orang. Semakin tinggi angka paketnya maka semakin banyak lauk yang disediakan, tapi semakin mahal juga harganya.

KOMPAS.COM/MICHAEL Lemari pendingin dengan berbagai lauk yang tersedia untuk sukiyaki.
Rentang harga suki di sini dari Rp 89.000 sampai Rp 195.000, namun melihat banyaknya lauk yang disediakan, harga seperti itu termasuk wajar. Selain itu setiap paket sudah termasuk minuman lemon tea dingin atau hangat, nasi putih untuk tiap orang, dan puding mangga atau tiramisu untuk makanan penutup. “Kuahnya mau kaldu, tom yum atau setengah-setengah?” tanya staf yang melayani saya.

Saya pun memilih untuk setengah kaldu dan setengah tom yum karena ingin merasakan rasa dari dua kuah yang berbeda.

Setelah kuah di dalam panci diletakkan di atas kompor yang menyatu dengan meja, saya pun mulai memasukkan lauknya ke masing-masing kuah secara merata. Lauk yang saya pesan terdiri dari tahu, pangsit, bakso udang, bakso ikan, jamur enoki, bihun, dan sayuran. Setelah semua dimasukkan, panci ditutup  agar lebih cepat matang.

KOMPAS.COM/MICHAEL Interior Taka Suki
Tak lama kemudian, suki saya siap disantap. Pertama, saya mencoba kuah tom yum, rasa pedas dan kecut bercampur sangat kuat namun sangat enak, saya terus meminum kuahnya selagi panas. Tidak lupa memakan lauk dan sayurannya. Setelah itu, giliran saya mencoba kuah kaldu, rasa gurih agak manis terasa di kuah ini. Jika saya harus memilih di antara kedua kuah ini, saya akan lebih memilih kuah tom yum karena terasa pas di lidah saya.

Setelah puas makan suki, staf menghidangkan makanan penutup yaitu puding mangga dan tiramisu. Puding mangga yang saya makan sangat enak, rasa mangga begitu terasa dan tekstur pudingnya tidak cepat hancur di mulut. Selain suki, Taka Suki juga menyediakan hidangan Jepang lain seperti chicken teriyaki, chicken katsu dan beef teriyaki. Taka Suki buka setiap hari mulai pukul 09.30 hingga 21.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com