Kompas.com - 24/08/2014, 14:39 WIB
Permainan tradisional di Desa Pasiragung, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Desa Pasiragung merupakan salah satu desa budaya Pasundan yang terus dilestarikan. SENDY ADITYA SAPUTRAPermainan tradisional di Desa Pasiragung, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Desa Pasiragung merupakan salah satu desa budaya Pasundan yang terus dilestarikan.
|
EditorI Made Asdhiana
KUNINGAN, KOMPAS.com - Belum banyak yang tahu kalau Kabupaten Kuningan di Jawa Barat memiliki obyek wisata alam nan indah. Ya, banyak yang melihat Kuningan hanya sebagai tempat transit bagi wisatawan yang melewati jalur Pantura atau ingin ke Cirebon, Indramayu ataupun Majalengka.

"Selama ini kami akui, Kuningan memang belum jadi prioritas sebagai tempat kunjungan wisatawan," ujar Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Kuningan, Dodo Sugiharto, di Kuningan, Kamis (21/8/2014).

Hal tersebut sangat disayangkan mengingat banyak obyek wisata yang dapat dieksplorasi di sini.

"Banyak sekali obyek wisata alam yang murah dan menyenangkan di sini. Misalnya saja kawasan Palutungan di mana terdapat Taman Nasional Gunung Ciremai, Desa Wisata Cigugur, Kawasan Cilimus di mana Perjanjian Linggarjati terselenggara, dan cagar budaya tempat peninggalan sejarah lainnya," tambahnya.

SENDY ADITYA SAPUTRA Obyek wisata Ikan Dewa di Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Dodo juga menyebutkan bahwa dalam penelitian arkeolog membuktikan bahwa dahulu Kuningan merupakan lintasan orang-orang purba.

"Itulah sebabnya kami punya banyak peninggalan purbakala yang menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut," katanya.

Tetapi pada kenyataannya, orang-orang masih lebih tertarik berwisata ke tempat lain. Kendala yang paling terlihat oleh Dodo datang dari ketersediaan transportasi umum sebagai akses mengunjungi obyek wisata. Selama ini wisatawan yang datang ke Kuningan, kebanyakan harus mencari jasa sewa mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sambil mencari alternatif sebagai jalan keluar, Disparbud Kuningan saat ini mulai membuat langkah strategis untuk membuat Kuningan menjadi obyek wisata priorias, salah satunya dengan mengembangkan bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

SENDY ADITYA SAPUTRA Tarian api oleh warga Desa Pasiragung, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Desa Pasiragung merupakan salah satu desa budaya Pasundan yang terus dilestarikan.
Selain memperbaiki tempat wisata dan pengadaan transportasi umum mereka akan memperkenalkan kuliner dan budaya khas Kuningan.

"Kalau menurut data kami jumlah wisatawan yang datang selalu meningkat kurang lebih 16 persen tiap tahunnya. Semoga saja ada peningkatan lebih banyak lagi nanti," ujar Kepala Disparbud Kuningan, Teddy Suminar.

Mereka optimistis, Kuningan yang sudah mulai fokus di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi mengingat ada beberapa proyek pembangunan jalan tol yang nantinya akan turut melintasi Kabupaten Kuningan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.