Kompas.com - 25/08/2014, 17:00 WIB
Penulis Michael
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com — Sebuah restoran di Pulau Ibiza bernama Sublimotion disebut-sebut sebagai restoran termahal di dunia. Tamu yang ingin makan di tempat ini harus merogoh kocek sebesar 1.250 poundsterling atau sekitar Rp 24 juta per orang.

Di dalam restoran ini hanya tersedia 12 kursi. Itu artinya restoran ini hanya menerima tamu sebanyak 12 orang setiap waktunya. Restoran Sublimotion berada di dalam Hard Rock Hotel. Sebuah restoran yang konsepnya merupakan karya koki andal, Paco Roncero.

Tamu yang datang dijanjikan akan merasakan pengalaman kuliner yang menggunakan setiap indera manusia. Ibarat sebuah pertunjukan, pengalaman menikmati makanan di restoran ini berlangsung selama 2,5 jam.

Dailymail.co.uk Salah satu menu di Restoran Sublimotion, Spanyol.
Saat masuk ke dalam, jendela buram yang menyambut tamu menjadi transparan. Sekilas tamu bisa melihat para pekerja dapur. Lalu semuanya menjadi gelap. Kemudian tamu diarahkan ke sebuah lift besi diiringi layar bercahaya dan simulator, dan tambahan musik menggema, memberi kesan tamu tengah terjun ke bawah tanah, seakan berada di dalam sebuah wahana Disneyland.

Selanjutnya, pengunjung akan tiba di sebuah ruangan serba putih berisi meja dan kursi berwarna putih. Hidangan yang disajikan pun ditemani permainan efek cahaya dan laser yang berbeda untuk setiap menu yang keluar. Suhu di ruangan, kelembaban, dan bahkan baunya dapat diubah untuk menyesuaikan dengan tiap hidangan, bersama iringan musik.

Uniknya, makanan yang disajikan penuh gaya dan ibarat berada di laboratorium. Misalnya, minuman koktail Bloody Mary yang dibuat sendiri dalam tabung reaksi. Ada pula minyak zaitun yang dibekukan dengan nitrogen, lalu ditambahkan pada roti dan tomat, memperlihatkan sentuhan modern pada hidangan tradisional Spanyol, Pan con Tomate.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.