Kompas.com - 26/08/2014, 11:09 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Penggemar wisata petualangan, siapkan waktu untuk mengikuti Festival Adventure Indonesia yang berlangsung di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Acara ini akan dilaksanakan pada 24-28 September 2014.

"Lembata ada suatu keunikan yang sudah terkenal, penangkapan paus secara tradisional yang dilakukan tiap tahun. Dari acara ini coba diperkenalkan secara nasional dan internasional, tidak hanya lingkungan terbatas," ungkap Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Sementara itu, Bupati Lembata Yance menuturkan Lembata tidak hanya memiliki daya tarik berupa Baleo atau tradisi penangkapan ikan paus, tetapi obyek-obyek lain seperti Bukit Doa. "Ini acara kedua kalinya dan saya berharap bisa masuk kalender nasional," katanya.

Festival Adventure Indonesia sendiri merupakan bagian dari program tahunan Pemda Lembata yaitu Rally Wisata Bahari. Acara ini digelar Pemerintah Kabupaten Lembata bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Way2East.

DOK INDONESIA.TRAVEL Warga Lembata di NTT.
Sementara itu, menurut Adi Gerimu dari Way2East, Desa Lamalera yaitu tempat dilaksanakannya Baleo, sudah terkenal, namun informasi tentang Lembata sendiri masih kurang.

"Kegiatan ini targetnya untuk yang suka petualangan, nanti peserta diajak trekking gunung, menginap di rumah penduduk. Lihat Desa Lamalera dan Baleo, lihat alam dan lautnya. Temanya adalah pariwisata bahari," tutur Adi.

Destinasi unggulan yang telah disiapkan dalam festival tersebut antara lain Kota Lewoleba, Bukit Wolorpass, Desa Lemagute, Desa Amakaka/Kampung Lewolotok, Desa Lama Lewohala, Gunung Ile Lewotolok, Desa Jontona, Teluk Waienga, Desa Wisata Belo Baja, Pasar Barter Tradisional, dan Desa Nelayan Lamalera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.