Kompas.com - 26/08/2014, 13:20 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Lembata di Nusa Tenggara Timur menyimpan eksotisme yang siap disingkap para wisatawan. Bulan depan tepatnya tanggal 24-28 September 2014 adalah waktu yang tepat untuk bertualang di Lembata.

Daya tarik utamanya memang Baleo atau tradisi penangkapan ikan paus yang telah mendunia. Tetapi ada banyak obyek dan aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Lembata. Selama Festival Adventure Indonesia, wisatawan diajak akrab dengan alam.

"Peserta diajak trekking gunung, menginap di rumah penduduk. Lihat Desa Lamalera dan Baleo, lihat alam dan lautnya. Temanya adalah pariwisata bahari," tutur Adi Gerimu dari Way2East, di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Way2East turut bekerja sama dengan Pemkab Lembata dalam mengadakan Festival Adventure Indonesia. Peserta akan diajak melihat tradisi Baleo, pesta kacang, upacara adat Ahar, sampai menikmati keindahan alam.

Peserta yang tiba di pelabuhan Lembata dan setiap masuk desa adat akan disambut dengan prosesi adat. Lalu ada pula makan malam di pinggir pantai yang akan dilakukan di Desa Jontona dengan menampilkan tarian dan kuliner khas Jontana.

Peserta juga akan menginap di homestay di setiap desa yang dikunungi dan menikmati makanan khas Lembata bersama masyarakat setempat. Peserta akan diajak menyaksikan matahari terbit di puncak Gunung Ile Lewotolok pada ketinggian 1.400 mdpl.

Seperti apa petualangan di Lembata jika Anda mengikuti festival ini? Pertama adalah Festival Ile Lewotolok yaitu wisata trekking Gunung Ile Ape. Di Desa Lamagute, ada pentas seni dan makan malam, dilanjutkan kunjungan ke kampung lama melihat kerajinan lokal.

Lalu ke Desa Amakaka sebagai titik start trekking. Tetapi sebelumnya peserta diajak upacara adat pesta kacang dan juga menginap di desa ini.

Di Desa Jontona merupakan titik finish trekking dan dilanjutkan dengan jamuan makan malam serta pentas seni budaya. Peserta juga bisa melakukan aktivitas diving dan snorkeling di Teluk Jontana dan melihat kerangka ikan paus.

Kompas/Samuel Oktora Sejumlah bocah laki-laki asyik bermain di badan seekor paus sperma (Physeter macrocephalus) sepanjang sekitar 10 meter yang berhasil ditangkap secara tradisional di kawasan kampung nelayan Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, NTT, Minggu (23/5/2010).
Pilihan aktivitas lain adalah offroad sambil menikmati keindahan panorama di Walor Pass yang berada di Desa Bour. Ada beberapa operator tur yang menjual paket ke Lembata dalam rangka Festival Adventure Indonesia. Masing-masing tentu dengan rencana perjalanan sendiri-sendiri.

Seperti Campa Tour yang berfokus pada wisata sejarah dan budaya. Operator tur ini menawarkan paket ke Lembata seharga Rp 2.750.000 per orang dengan konsep open trip (perjalanan terbuka dengan peserta gabungan).

"Ini sudah termasuk makan, penginapan, transportasi darat, sewa kapal, dan snorkeling," tutur Fitria, founder Campa Tour. Harga tersebut belum termasuk tiket pesawat menuju Kupang ataupun sebaliknya.

Senada dengan paket yang ditawarkan Campa Tour, DAL Adventure yang lebih berfokus pada wisata petualangan, harga paket Lembata selama festival yang ditawarkan Rp 2.750.000 per orang dan juga open trip. "Ini sudah semua, tapi titiknya di Kupang," ungkap Elyudien dari DAL Adventure.

Jadi, tambah Elyudien, misalnya pelancong dari Jakarta, belum termasuk tiket pesawat Jakarta-Kupang-Jakarta. Operator tur ini biasa menyelenggarakan open trip ke Lembata dua kali setahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.