Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Pernah Terapi Ikan Dewa di Cigugur?

Kompas.com - 30/08/2014, 14:18 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com – Masih di Desa Wisata Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Ada destinasi wisata yang menarik lagi murah. Objek Wisata Cigugur, Tempat Mengenal Ikan Langka. Begitu namanya.

Ikan Dewa atau kancra bodas, disebut seperti itu karena diyakini dapat menyembuhkan penyakit. Ingatkah saat datang ke pusat perbelanjaan, terkadang ada jasa terapi ikan yang dihargai Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per 15 menit. Berbeda dengan terapi ikan pada umumnya, ikan yang dipakai di sini tergolong cukup besar. Mencapai ukuran dua jari manusia.

Di tepian kolam sudah disediakan alas duduk, di sana lah pengunjung dapat menjulurkan kakinya. Ikan dewa yang senang bergerombol akan menyambangi kaki-kaki yang diulurkan, kemudian mematilnya. Jangan takut, rasanya tak sakit melainkan geli. Ia hanya memakan sisa-sisa kulit yang mati.

Tak ada peraturan khusus untuk menikmati terapi ikan di sini, kecuali imbauan untuk mengangkat kaki tiap 3 sampai 5 menit untuk menghindari luka.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Pengunjung sedang menikmati terapi ikan dewa di Objek Wisata Cigugur

“Setiap harinya pasti ada pengunjung yang datang. Mereka penduduk lokal ataupun yang datang dari luar daerah. Pengunjung dari luar daerah biasanya datang saat akhir pekan,” ujar Admin Support bidang Usaha, Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU), Novi.

Menurut Novi saat akhir pekan, pengunjung dapat mencapai 400 orang, meliputi berbagai kalangan. Harga tiket yang murah, yaitu Rp 7.000 untuk obyek wisata sehat yang memiliki fasilitas terapi sepuasnya memang kerap kali menjadi pilihan banyak orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com