Kompas.com - 03/09/2014, 14:10 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam angka memperingati 65 tahun hubungan dan persahabatan Filipina dengan Indonesia, Shangri-La Hotel Jakarta bersama dengan Kedutaan Besar Filipina di Indonesia turut menyajikan berbagai hidangan dengan cita rasa Filipina yang disiapkan oleh juru masak yang diboyong langsung dari Manila, Jam Melchor. Rangkaian menu ini dihadirkan dengan nama 'Linamnam!' yang disediakan mulai 3 hingga 10 September 2014.

"Cita rasa Filipina begitu beragam, tiap daerahnya memiliki masakan khas sendiri. Untuk itu di sini kami akan menawarkan begitu banyak pengalaman dan cita rasa kuliner yang beragam untuk para tamu. Menyenangkan membuat makanan dengan cita rasa Filipina, menikmatinya saja membuat saya nyaman. Makanan-makanan ini seperti membuat saya berada di rumah," jelasnya.

Dalam pengenalan kuliner khas Filipina ini, dihadirkan pula Duta Besar Filipina untuk Indonesia, Maria Rosario C Aguinaldo yang turut menceritakan filosofi kuliner dari negara asalnya tersebut. "Pada dasarnya bumbu yang dipakai untuk makanan Filipina ada persamaan dengan makanan asal Indonesia, yaitu bumbunya yang kuat. Hanya saja pada makanan Indonesia, bumbu amat sangat kuat, dan jujur saja biasanya terlalu banyak cabai," ungkapnya sambil tertawa kecil.

Ia juga menjelaskan bahwa bumbu yang dipakai pada makanan khas Filipina kebanyakan adalah yang bercita rasa asam. "Misalnya saja bumbu dari tomat, lemon, belimbing wuluh, dan juga asam," jelasnya lagi. Pada kesempatan tersebut, ia juga berujar bahwa "Linamnam" sebenarnya diambil dari kata yang bermakna sebagai penggambaran kualitas dari sebuah cita rasa.

Mulai tanggal 3 hingga 10 September mendatang, tamu dapat menikmati kuliner Filipina ini di SATOO untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, atau di Lobby Lounge melalui Pilinut yaitu tema high tea dengan moktail dan koktail yang sengaja dibuat selama periode festival kuliner Filipina berlangsung di Shangri-La.

Untuk pilihan sarapan di SATOO, tamu bisa menikmati Beef Tapa yaitu daging sapi yang dikeringkan, Pancit Luglug yaitu mie yang di tambahkan telur, udang dan chorizo, Suman yaitu nasi ketan yang dimasak dengan santan serta Pinoy Congee and Tinapa yang berarti ikan asap.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Gen san tuna crudo, sriracha, crispy vermicelly, baby rocket & cherry tomatoes yaitu salah satu sajian pembuka pada festival kuliner cita rasa Filipina, Linamnam! yang dihadirkan oleh Shangri-La Hotel, Jakarta. Sajian ini merupakan perpaduan tuna bumbu tomat dengan tambahan selada dan bihun goreng sebagai pelengkap.
Untuk makanan pembuka, tamu bisa mencicipi Ensalada Filipina yaitu salad khas Filipina, Gen San Tuna Ceviche with Pomelo, Garlic and Chili Bicolano Suso yaitu segelas ikan tuna dengan bumbu tomat yang disajikan dengan selada, sekilas mirip seperti salad. Selain itu ada Adobo Sushi with Watermelon Atchara, Fried Vegetable and Tokwa Lumpia, serta Kesong Puti yaitu keju dicampur susu kerbau yang diisi dengan bunga kalabasa.

Di bagian hidangan utama terdiri dari beragam pilihan menarik seperti Kaldereta Pot Pie, Baked Beef Morcon yaitu sejenis rolade daging sapi isi, Crispy Beef Ribs South Cotobato, Chicken Galantina, Pineapple and Tinapa Fried Rice, Adobo Fride Rice, Pocherong Manok, Taro Leaves in Coconut Milk, dan Paksiw na Bangus yaitu ikan bandeng yang dimasak dengan bawang, terung dan juga pare. Untuk sajian lainnya, disediakan pula sajian non-halal, misalnya Boneless Lechon Balamban, Bagnet Ilocandia, Pork and Chicken Adobo, Pork Estofado, Lechon Paksiw, Hamonado dan Crispy Pork Belly Begukan.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Leche Flan, yaitu sejenis puding caramel susu dengan krim lemon diatasnya. Dessert ini merupakan salah satu pilihan dari menu yang dihadirkan saat Festival Kuliner Filipina, 3-10 September 2014.
Lalu terakhir,, untuk melengkapi pengalaman kuliner cita rasa Filipina ini, para tamu dapat mencoba Halo-Halo, Lelut Mais  yaitu nasi ketan dengan jagung, Quezo de Bola Cheesecake, Pinoy Fruit Salad, Mango Otap Mille Feuille, Banana Langka Turon yaitu pisang goreng gulung dan Classic Leche Flan yaitu puding karamel susu yang legit.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.