Aceh Gelar Kegiatan Budaya untuk Tarik Wisatawan

Kompas.com - 03/09/2014, 16:37 WIB
Penumpang kapal pesiar Calledonian Sky disambut tari ranup lampuan saat tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Minggu (13/10/2013). Sebanyak 88 turis asal Australia dan Inggris tersebut menghabiskan waktu selama empat jam untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Banda Aceh sebelum melanjutkan pelayaran ke Pulau Simeulue (Aceh) dan Pulau Nias, Medan. SERAMBI/M ANSHARPenumpang kapal pesiar Calledonian Sky disambut tari ranup lampuan saat tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Minggu (13/10/2013). Sebanyak 88 turis asal Australia dan Inggris tersebut menghabiskan waktu selama empat jam untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Banda Aceh sebelum melanjutkan pelayaran ke Pulau Simeulue (Aceh) dan Pulau Nias, Medan.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan menggelar berbagai kegiatan budaya dan pariwisata untuk menarik minat kunjungan wisatawan hingga menjelang akhir tahun 2014.

"Memasuki caturwulan terakhir 2014, Pemerintah Aceh bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta stake holder pariwisata telah mempersiapkan berbagai even berskala nasional maupun internasional," kata Kadisbudpar Aceh, Reza Pahlevi di Banda Aceh, Selasa (2/9/2014).

Kegiatan pariwisata itu sangat beragam, mulai dari pameran seni budaya, pagelaran seni, pasar wisata, festival musik, festival kuliner, lomba perahu layar, dan wisata minat khusus seperti trail adventure dan sepeda jelajah alam.

"Pergelaran budaya dan kegiatan pariwisata itu mulai digelar September dan berakhir di penghujung Desember 2014 di sejumlah daerah di Aceh," katanya.

Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dengan target masyarakat Aceh sendiri, wisatawan nusantara maupun mancanegara. Diharapkan melalui even-even itu maka mampu mengangkat citra Aceh dan menjadi ajang untuk mempromosikan kekayaan pariwisata di Aceh.

"Pergelaran Taman Ratu Safiatuddin dapat menjadi salah satu atraksi wisata yang baru dan menarik. Even ini adalah pagelaran seni dan budaya dari kabupaten dan kota se-Aceh yang secara rutin ditampilkan di Taman Sulthanah Safiatuddin di Kota Banda Aceh," katanya.

Reza juga menjelaskan, selain itu pihaknya juga akan menggelar even berskala internasional yakni "Sabang International Regatta" dengan menghadirkan puluhan perahu layar dari berbagai negara untuk berlomba di Teluk Sabang.

Kegiatan "Sabang International Regatta" itu akan ditutup dengan "Sabang Jazz Festival" yang akan menghadirkan musisi ibukota Jakarta, Dwiki Dharmawan. (Azhari)



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X