Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Pantai Kuta Tak Bawa Kendaraan Pribadi? Naik Saja Komotra

Kompas.com - 04/09/2014, 16:24 WIB
KOMPAS.com - Barangkali belum terlalu banyak orang mengenal Komotra. Mini bus yang beroperasi di Pantai Kuta ini memang jarang terlihat di daerah lain di Denpasar.

Komotra adalah minibus khusus yang mengantarkan wisatawan dari Central Parkir Kuta ke Pantai Kuta, Badung yang jaraknya sekitar 3 kilometer. Komotra terlihat mencolok dengan warna-warni catnya yang menggambarkan objek wisata di Bali.

Dengan biaya Rp 10.000 kita bisa naik Komotra menuju Pantai Kuta dan kembali ke Central Parkir Kuta. Pengguna Komotra biasanya adalah rombongan yang menggunakan bus besar atau yang tidak membawa kendaraan pribadi, karena angkutan umum paling murah ke pantai hanya Komotra. Lainnya seperti ojek ataupun delman, harganya berbeda lagi.

Komotra akan mengantarkan tamu ke Pantai Kuta sore hari dan akan kembali ke Central Parkir Kuta begitu matahari mulai tak terlihat. Dengan pintu dan jendela terbuka tanpa kaca, pengunjung bisa menikmati keindahan di Pantai Kuta, Legian, dan jalan sekitaran pantai. Tetapi, seringkali minibus berkapasitas 20 orang ini mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

"Bisa sampai 30 orang kalau balik ke Central Parkirnya," kata Made Wiya, tukang parkir di depan Hard Rock Cafe.

Naik-turunnya penumpang di pintu gerbang sebelah selatan pantai Kuta. Tepatnya beberapa meter dari Hard Rock Cafe. Jika penumpang terlihat melebihi kapasitas muatan, maka biasanya akan diingatkan petugas kepolisian yang pos nya terletak tidak jauh dari situ.

"Kita suruh turun beberapa penumpang, biar menunggu Komotra yang lain" kata Aiptu I Gede Armada Susila, seorang petugas polisi di lokasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com