Kompas.com - 04/09/2014, 16:24 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Barangkali belum terlalu banyak orang mengenal Komotra. Mini bus yang beroperasi di Pantai Kuta ini memang jarang terlihat di daerah lain di Denpasar.

Komotra adalah minibus khusus yang mengantarkan wisatawan dari Central Parkir Kuta ke Pantai Kuta, Badung yang jaraknya sekitar 3 kilometer. Komotra terlihat mencolok dengan warna-warni catnya yang menggambarkan objek wisata di Bali.

Dengan biaya Rp 10.000 kita bisa naik Komotra menuju Pantai Kuta dan kembali ke Central Parkir Kuta. Pengguna Komotra biasanya adalah rombongan yang menggunakan bus besar atau yang tidak membawa kendaraan pribadi, karena angkutan umum paling murah ke pantai hanya Komotra. Lainnya seperti ojek ataupun delman, harganya berbeda lagi.

Komotra akan mengantarkan tamu ke Pantai Kuta sore hari dan akan kembali ke Central Parkir Kuta begitu matahari mulai tak terlihat. Dengan pintu dan jendela terbuka tanpa kaca, pengunjung bisa menikmati keindahan di Pantai Kuta, Legian, dan jalan sekitaran pantai. Tetapi, seringkali minibus berkapasitas 20 orang ini mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

"Bisa sampai 30 orang kalau balik ke Central Parkirnya," kata Made Wiya, tukang parkir di depan Hard Rock Cafe.

Naik-turunnya penumpang di pintu gerbang sebelah selatan pantai Kuta. Tepatnya beberapa meter dari Hard Rock Cafe. Jika penumpang terlihat melebihi kapasitas muatan, maka biasanya akan diingatkan petugas kepolisian yang pos nya terletak tidak jauh dari situ.

"Kita suruh turun beberapa penumpang, biar menunggu Komotra yang lain" kata Aiptu I Gede Armada Susila, seorang petugas polisi di lokasi itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.