Kompas.com - 04/09/2014, 17:02 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Danau Toba 2014 tahun ini dimeriahkan berbagai acara. Salah satunya adalah pertunjukan Tari Tor-Tor massal. Selain itu, ada pula lomba Solu Bolon atau lomba perahu naga.

"Dari dunia mode, ada fashion show, dengan tenun Batak dari sutra. Warna biasanya didominasi merah, hitam, dan putih," Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, di Jakarta, Kamis (4//9/2014).

Selain itu, ada acara musik seperti paduan suara. Ada pula Lake Toba's World Drum Festival, lomba renang, pertunjukan budaya, dan pameran industri kreatif. Festival Danau Toba tahun ini merupakan kali kedua, setelah tahun lalu Kabupaten Samosir menjadi tuan rumah. Tahun ini, Kabupaten Toba Samosir menjadi tuan rumah.

Acara sendiri akan berlangsung pada 17-21 September 2014 bertempat di TB Silalahi Center. Salah satu acara yang menarik adalah lomba renang mengelilingi Pulau Samosir.

"Festival Danau Toba merupakan acara utama bagi Provinsi Sumatera Utara. Sementara di 11 kabupaten ada acara pendukungnya masing-masing. Seperti di Samosir ada Pesta Horas," ungkap Bupati Samosir Mangindar Simbolon, di kesempatan yang sama.

Sementara itu, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak kesiapan Toba Samosir sebagai tuan rumah salah satunya adalah sudah tersedianya beberapa hotel untuk tamu Festival Danau Toba, juga tersedia homestay atau menginap di rumah penduduk.

TB Silalahi, tokoh adat dan mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, berharap turis domestik banyak yang datang ke Festival Danau Toba dan bisa melihat persamaan adat Batak dengan suku lainnya.

"Sehingga bisa merasa bersaudara," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.