Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Berbagi Rencana Perjalanan

Kompas.com - 05/09/2014, 19:18 WIB
KOMPAS.com - Alih-alih sebagai “buku pegangan”, itinerary pun juga bisa kita bagikan kepada keluarga, teman, maupun rekan kerja agar mereka tak khawatir ketika kita sedang bepergian.

Kabar gembiranya, di era serba digital seperti saat ini, itinerary sudah bisa dibuat secara online. Di dalamnya termasuk jadwal penerbangan, transportasi, serta akomodasi dari laptop/perangkat mobile lainnya. Seperti kali lansir dari Cnet, berikut ini kami bagikan tiga aplikasi yang memudahkan Anda membagi rencana perjalanan kepada keluarga, teman, atau rekan kerja.

TripIt

Menggunakan TripIt sangatlah mudah. Jadi, setelah Anda menerima konfirmasi tiket pesawat melalui e-mail, tinggal diteruskan (forward) saja ke plans@tripit.com, maka aplikasi ini secara otomatis akan membuatkan jadwal perjalanan sesuai durasi perjalanan yang tertera pada tiket. Anda pun bisa menambahkan hotel, rental mobil, konfirmasi restoran atau bisa juga memasukkannya otomatis ke akun Gmail, Yahoo, atau Outlook Anda.

Setelah jadwal perjalanan diatur, Anda dapat memilih seluruh atau sebagian dari rencana perjalanan Anda kepada kontak lain melalui e-mail atau media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Selain gratis, ada pula layanan TripIt yang berbayar, yakni Tripit Pro yang menyasar mereka yang sering bepergian serta Tripit for Teams untuk mereka yang sering bepergian secara tim, pun memungkinkan membagikan jadwal perjalanan di antara rekan-rekan seluruh organisasi.

Roadtrippers

Berbeda dengan TripIt, aplikasi Roadtrippers memungkinkan Anda membuat rencana perjalanan custom baik secara online maupun melalui aplikasi. Yang menyenangkan, Anda pun bisa menambahkan tempat baru yang Anda temukan di sepanjang perjalanan, seperti tempat hiburan, kedai makanan dan minuman, hingga tempat bersejarah.

Setelah selesai melakukan perjalanan, Roadtrippers selanjutnya akan menghitung jarak perjalanan, perkiraan waktu mengemudi, dan memperkirakan biaya bahan bakar. Selanjutnya pengguna bisa membaginya kepada orang lain melalui Facebook, Twitter, e-mail, atau URL tertanam.

Saat ini Roadtrippers baru menjangkau kawasan Amerika Utara dan sedang digarap untuk kawasan Eropa dan Australia.

Mygola

Jika bagian tersulit dari perjalanan adalah menyusun perencanaan perjalanan itu sendiri, tidak demikian dengan Mygola. Mygola mampu membuat rencana custom perjalanan berdasarkan standar perjalanan yang sesuai dengan tujuan Anda, durasi tinggal, dan kepentingan. Pengguna dapat mencari tujuan, kemudian memilih dari perjalanan yang telah ditetapkan, atau membuat yang baru dari awal.

Alih-alih hanya berbagi rencana perjalanan Anda dengan keluarga, teman, dan rekan, Anda pun dapat minta mereka membantu merencanakan jadwal Anda. Caranya, tinggal masukkan alamat e-mail di Mygola untuk berkolaborasi dengan orang lain melalui jadwal custom-built. Setelah jadwal custom Anda selesai, silakan membaginya dengan orang lain di Facebook. Mudah bukan? Silakan pilih sesuai kebutuhan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com