Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hopeng, Teman yang Ramah untuk Lansia

Kompas.com - 07/09/2014, 08:16 WIB
Michael

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengajak lansia makan sama susahnya seperti mengajak anak-anak karena semakin berumur mereka maka semakin banyak pantangan dan pilih-pilih makanan. Paling tidak, kita harus memilih tempat makan yang menunya disukai oleh mereka dan yang paling penting adalah makanan yang tidak repot proses makannya.

Makanan lembut juga dapat menjadi pertimbangan saat mengajak lansia makan agar mereka tidak perlu mengunyah susah-susah dengan gigi yang kebanyakan sudah bukan milik mereka sendiri.

KOMPAS.COM/MICHAEL Suasana Rumah Makan Hopeng di Gading Serpong, Tangerang, Banten.
Rumah Makan Hopeng yang berarti ‘Teman’ memang benar-benar dapat menjadi teman makan yang baik untuk lansia. Restoran yang berada di  Ruko Mitra 10 Blok M 5 No. 47 Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang ini merupakan restoran keluarga. Terlihat dari banyak lansia yang makan bersama keluarga mereka di sini. Suasana yang nyaman dan tidak gaduh juga membuat restoran ini, dilengkapi dengan AC agar tidak kepanasan saat makan, sangat cocok untuk lansia.

Ada begitu banyak pilihan menu di Hopeng, namun untuk lansia direkomendasikan bubur ayam atau ikan dan nasi ayam hainam karena kedua menu itu tidak keras sehingga dapat dikunyah dengan baik oleh orang tua. Selain dua menu tersebut ada pula menu lain seperti sup ikan batam, mi singapore, kwetiaw goreng seafood, nasi goreng yangchow dan lain-lain.

KOMPAS.COM/MICHAEL Bubur ikan dengan potongan cakwe, daun bawang dan ikan.
Bubur ikan di sini tidak seperti bubur di tempat lain karena agak encer bukannya kental, tapi bukan penuh air, nasinya sendiri masih terkandung banyak. Bubur disajikan dengan potongan ikan, suwiran cakwe dan minyak wijen yang menambah kewangian bubur. Rasanya sendiri sedikit tawar tapi masih terasa gurih jadi sangat pas di tengah-tengah. Rasa asin dapat ditemukan di potongan ikan yang lembut dan hancur sekali gigit.

Sedangkan untuk nasi ayam hainamnya sangat berkesan untuk saya. Sepiring nasi hainam yang gurih dan tidak terlalu berminyak, rasa asinnya sangat terasa tapi tidak berlebihan. Saat saya sebar-sebar nasinya berbau sangat harum menggugah selera makan. Ditambah dengan potongan ayam rebus yang diberi kecap di bagian bawahnya sangat enak.

Kelembutan daging ayamnya sendiri cukup luar biasa, tidak alot, sehingga tidak memerlukan banyak usaha untuk mengunyahnya. Untuk lansia, anda dapat meminta supaya ayamnya tidak ada tulangnya sehingga tidak perlu repot-repot melepaskan daging dari tulang.

KOMPAS.COM/MICHAEL Rumah Makan Hopeng yang artinya adalah Rumah Makan Teman sangat friendly untuk lansia.
Rumah Makan Hopeng yang berbentuk ruko ini terlihat tidak pernah sepi pengunjung bahkan pada saat bukan jam makan menunjukkan nikmatnya makanan di sini. Makanannya di sini berkisar antara Rp 22.000 sampai Rp 55.000 per hidangan, cukup masuk akal dengan nikmatnya hidangan di sini.

Restoran ini buka 12 jam pada pukul 9 pagi sampai 9 malam sehingga sangat cocok untuk makan pagi, siang dan malam anda. Ajaklah orangtua anda yang lansia makan di sini dan rasakan sendiri keramahan cita rasa rumah makan "Teman" ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com