Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membawa Lansia Berwisata Kuliner

Kompas.com - 07/09/2014, 12:07 WIB
Michael

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga senior atau yang lebih dikenal dengan lansia berumur kisaran 60 tahun ke atas. Semakin lanjut usia maka berbagai kemunduran terjadi pada fungsi dan organ tubuh. Selain itu tubuh lebih rentan penyakit dan biasanya kondisi mental akan kembali ke masa kanak-kanak di mana suasana hati gampang berubah, mudah ngambek dan tersinggung. Oleh karena itu sebagai orang yang memerhatikan mereka, kita harus lebih sabar dan telaten menghadapinya.

Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam mengurus lansia adalah membawa mereka untuk makan ke luar. Berikut beberapa tips agar makan di luar bersama lansia menjadi proses yang menyenangkan.

Cari restoran keluarga yang ramah lansia

Sebelum mengajak lansia makan di luar rumah, ada baiknya jika anda melakukan pengecekan tentang restoran-restoran yang cocok untuk lansia. Di situs pencarian biasanya banyak ulasan tentang restoran sehingga anda dapat menentukan restoran mana yang akan dikunjungi. Restoran yang ramah pada lansia biasanya adalah restoran keluarga dengan suasana yang tidak gaduh, tidak terlalu modern dan tidak terlalu banyak akses tangga untuk mencapai restoran. Restoran yang memiliki jalur kursi roda juga bisa menjadi pertimbangan anda. Cek pula kebersihan dan kenyamanan restoran.

Hindari makanan pedas

Sama seperti anak kecil, lansia dapat cukup pilih-pilih dalam hal makan. Kebanyakan lansia tidak menyukai rasa pedas yang berlebihan bahkan rasa sedikit pedas dari merica pun akan membuat mereka menolak untuk makan makanan yang dihidangkan. Untuk itu jangan lupa memberitahukan staf restoran untuk tidak menggunakan bahan dan bumbu pedas seperti cabai dan merica dalam hidangan untuk lansia.

Hindari MSG dan gula yang berlebihan

MSG biasa digunakan sebagai penyedap rasa sehingga makanan terasa lebih gurih dan nikmat, tapi MSG juga memiliki efek buruk untuk kesehatan apalagi terhadap lansia yang rentan penyakit. Rasa pusing dan kaku pada leher adalah contoh gejala buruk setelah makan makanan yang mengandung MSG, hal itu saja sudah cukup mengganggu kita apalagi untuk lansia. Oleh karena itu anda harus pesan supaya tidak ada MSG di dalam makanan yang dipesan.

Selain itu, makanan manis-manis yang mengandung kadar gula berlebih juga harus dihindari saat makan bersama lansia karena dapat meningkatkan resiko gula darah dan diabetes. Gula sebagai ‘energy booster’ juga bisa membuat efek hiperaktif tidak hanya pada anak-anak tapi juga pada orang dewasa dan lansia, tentu anda tidak ingin orang tua anda tetap terjaga di saat seharusnya mereka sudah tidur, kan?

Pesan meja yang dekat dengan "kamar kecil"

Pada umumnya orang-orang menghindari meja yang berdekatan dengan "kamar kecil" atau toilet tapi beda kasus jika anda mengajak lansia makan di restoran. Semakin dekat jarak meja makan dengan toilet, maka semakin baik karena lansia memiliki kesusahan dalam menahan keharusan untuk ke "kamar kecil" mereka. Sehingga saat mereka perlu ke toilet, mereka tidak harus berjalan jauh untuk mencapainya.

KOMPAS.COM/MICHAEL Suasana Rumah Makan Hopeng di Gading Serpong, Tangerang, Banten.
Tanyakan tentang makanan yang ingin mereka makan

Jangan asal memesan menu yang anda sukai saja, perhatikan keinginan lansia dengan menanyakan makanan apa yang ingin mereka makan. Dengan ini mereka akan merasa lebih dihargai dan tentunya dapat menikmati makanan yang mereka suka. Jika mereka mengatakan kata “terserah” saat ditanya, pada saat itu anda harus mulai mengingat-ingat kembali tentang makanan apa yang mereka sukai di masa lampau dan memesankannya untuk mereka jika menu tersedia.

Selalu bawa obat-obatan

Jika orang tua tercinta anda mengonsumsi obat-obatan tertentu setiap hari, ingatlah untuk membawa obat-obatan tersebut saat makan di luar. Ada obat yang biasanya harus diminum setelah makan, oleh karena itu ingatkan mereka untuk meminum obat setelah makan agar jadwal obat mereka tidak terlewatkan. Selain itu bawa obat-obatan umum seperti obat maag, diare dan pusing untuk jaga-jaga jika ada kasus tertentu.

Abadikan momen bersama keluarga

Lansia sama seperti kita pada umumnya, suka berfoto, oleh karena itu hibur mereka dengan mengajak foto bersama keluarga saat di restoran. Mintalah bantuan dari staf untuk mengambil foto anda sekeluarga. Posisikan cucu mereka di dekat mereka karena lansia sangat senang ditemani dengan anak kecil. Abadikan semua momen indah dan tunjukkan fotonya kepada mereka sehingga mereka tetap terhibur selama acara makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com