Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goyang Lidah Negeri Sombrero

Kompas.com - 07/09/2014, 16:23 WIB
ANAK-anak yang berusia kurang dari tujuh tahun pada 1986 mungkin mengenal Meksiko dari Piala Dunia yang dimenangi oleh Argentina. Kala itu nama maestro sepak bola Diego Armando Maradona melejit.

Pada awal 1990, anak-anak mungkin akrab dengan jajanan permen rasa sarsaparila Mr Sarmento yang bergambar pria pendek berkumis, berkostum koboi, dan memakai sombrero. Meksiko lalu dikenal lewat produk budaya mereka seperti tari, grup mariachi, telenovela, film, dan kuliner (nacho, taco, quesadilla, tequilla, mojito, bir corona).

Setelah menikmati Taman Meksiko dan berkeliling Kebun Raya Bogor (KRB) sejak pagi, lewat tengah hari merupakan waktu yang tepat melepas lelah dan mengatasi rasa lapar dan haus. Grand Garden Resto & Cafe di dalam KRB bisa jadi pilihan.

Yang membuat penasaran, di antara menu yang tersedia terdapat kuliner khas Meksiko, yakni nacho dan quesadilla. Minumannya adalah sirup mojito.

Seporsi quesadillas adalah tiga potong roti tortilla yang pipih tanpa ragi dari jagung giling atau gandum dan berisi potongan daging ayam, daging sapi, bawang bombai, tomat, cabai jalapeno, dan keju cair. Untuk saus pelengkap adalah salsa dari potongan tomat, bawang bombai, cabai, bawang putih dan daun cilantro, guacamole atau saus dari avokad, dan sour cream atau krim putih yang asam.

Menggigit quesadilla seakan membuat mulut menerima aneka rasa. Gurih, sedap, pedas, asam, bahkan segar. Dalam waktu 10 menit, seporsi makanan seharga Rp 40.000 itu amblas.

Untuk penyempurna, pramusaji menyarankan sirup mojito yang konon berasal dari Kuba, dekat dengan Meksiko. Maksud hati memesan tequilla atau bir corona, tetapi minuman ini tidak tersedia. Segelas mojito seharga Rp 25.000 itu adalah cocktail bercita rasa manis dari sirup, segar dari potongan buah, dan hangat khas dari daun mint.

KOMPAS/PRIYOMBODO Masakan meksiko yang ditawarkan Grand Garden Cafe & Resto di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/9/2014).
Pada hari berbeda dicobalah menu khas Meksiko lainnya. Tempatnya di Bull Wings Factory, Jalan Kumbang, sekitar 1 kilometer dari Grand Garden Resto & Cafe. Di sini, yang dicoba adalah seporsi ultimate nacho Rp 29.500 dan sebotol bir San Miguel Rp 26.000.

Nacho terdiri atas keripik tortilla goreng yang disiram dengan keju cair, potongan cabai jalapeno, bawang bombai, paprika, dan aneka cabai Meksiko, daging sapi/ayam cincang, saus salsa, burracho (sup kacang merah), dan potongan daun selada.

Diciptakan pertama kali pada 1943 oleh Ignacio ”Nacho” Anaya, nacho awalnya terdiri atas keripik tortilla goreng yang disiram dengan keju cair dan ditebari cabai jalapeno.

Rasa nacho warna-warni seperti sajian makanan ini. Pedas, gurih, asin, asam. Sebotol bir dingin menyempurnakan seporsi nacho untuk teman santap siang. (BRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com