Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Tanaman Hias dari Cihideung, Orangtua Pasti Suka

Kompas.com - 07/09/2014, 21:16 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

KETIKA memasuki usia senja, rata-rata orangtua sudah tidak memiliki banyak kesibukan. Mereka biasanya mencari kegiatan lain untuk mengisi waktu luang. Salah satu kegiatannya adalah merawat tanaman hias atau berkebun. Bagi anda yang memiliki orangtua dengan hobi merawat tanaman hias, nampaknya anda harus mengajak mereka ke Kawasan Agrowisata Cihideung, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat.

Tidak sulit untuk menemukan Kawasan Agrowisata Cihideung ketika anda sudah memasuki daerah Cihanjuang. Sepanjang jalan dari Cihanjuang, anda dapat melihat pemandangan berupa perkebunan warga. Anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk jalan menuju Cihideung hingga sampai ke lokasi tujuan.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Beberapa contoh bunga yang dijual di kawasan Agrowisata Cihideung, Jawa Barat.
Sebuah gapura bertuliskan “Selamat Datang di Agrowisata Cihideung” menjadi tanda bahwa anda sudah tiba di kawasan tersebut. Ketika memasuki gapura, anda akan melihat beraneka ragam tanaman hias yang dijajakan di depan rumah warga. Sebagian besar warga di desa ini memiliki profesi budidaya tanaman hias. Udara sejuk khas dataran tinggi nampaknya sangat cocok dengan profesi yang mereka geluti. “Saya sudah berjualan di bunga di sini dari tahun 80-an. Bunga yang dijual juga bermacam-macam seperti mawar, anggrek, lavender, dan sebagainya,” tutur Lilis, salah satu penjual tanaman hias.

Beberapa pot bunga dengan warna-warna yang indah dipandang. Kisaran harga bunga yang dijual dari Rp 5.000 hingga Rp 200.000. Selain menjual tanaman hias, pengunjung juga dapat melihat-lihat bagaimana proses pembibitan serta perawatan tanaman hias tersebut. “Meski ditanam di dataran tinggi, beberapa tanaman hias yang dijual di sini juga mampu beradaptasi dengan udara panas perkotaan,” ucap Lilis.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Gapura yang terpampang di Kawasan Agrowisata Cihideung, Jawa Barat.
Lilis menjelaskan, tanaman yang mampu hidup di perkotaan seperti mawar dan anggrek. Meski demikian, ada juga tanaman memang hanya cocok ditanam di dataran tinggi, seperti lavender. Sebaiknya pengunjung menanyakan ke penjual tentang jenis tanaman apa saja yang cocok dengan daerah tempat anda tinggal. “Selain menyediakan tanaman, kita juga menyediakan perlengkapan lain seperti pot bunga dan pupuk,” jelas Lilis.

Untuk masuk ke kawasan Agrowisata Cihideung ini anda tidak dipungut biaya. Kawasan ini buka dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB setiap harinya. Udara yang sejuk khas pedesaan serta keindahan tanaman hias seperti ini dapat memanjakan orangtua anda dan tentunya jarang anda jumpai di daerah perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com