Kompas.com - 10/09/2014, 13:37 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berusaha membangun kawasan Kota Tua menjadi kawasan yang dapat dimanfaatkan untuk fungsi lain seperti perkantoran, restoran dan lainnya.

"Kota Tua hanya dikenal sebagai kota wisata yang terdiri dari bangunan tua dan museum, bukan sebagai kawasan yang hidup," kata Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, Tinia Budiati di Balai Konservasi Kota Tua, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Tinia menjelaskan, dulunya gedung-gedung di kawasan tersebut digunakan sebagai perkantoran, kemudian setelah mereka punya gedung baru bangunan tersebut ditinggalkan sehingga beralih fungsi menjadi gudang dan juga ada yang dibiarkan kosong.

Dia merasa senang ada pihak yang mengelola bangunan tua di jalan Pintu Besar Utara, Kota Tua menjadi restoran. "Saya senang sekali ada anak muda membuat restoran sederhana yang nyaman tanpa merusak bentuk bangunan aslinya," kata Tinia.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN ILUSTRASI - Musim liburan sekolah banyak dimanfaatkan anak-anak untuk berwisata ke Museum Wayang yang ada di kawasan wisata Kota Tua Jakarta, Minggu (19/6/2011). Selain berwisata, anak-anak juga belajar mengenal wayang sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang sudah diakui dunia.
Dia mengakui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama ini kurang memanfaatkan gedung-gedung tersebut untuk fungsi lain selain dijadikan museum.

"Pengelolaan kawasan Kota Tua masih belum teroganisir, semuanya masih sendiri-sendiri, padahal Kota Tua banyak menarik perhatian banyak investor yang ingin mencari keuntungan dengan nama besar dari Kota Tua itu sendiri," katanya.

Tinia berharap seluruh pihak terutama para generasi muda mau memelihara cagar budaya agar jejak sejarah di Jakarta dapat dinikmati oleh generasi penerus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.