Kompas.com - 11/09/2014, 09:17 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata ke Uni Emirat Arab, tergolong mudah untuk wisatawan Indonesia. Kemudahan pertama adalah visa untuk orang Indonesia dalam bentuk e-visa atau electronic visa.

"Visa maksimum 3-5 hari juga sudah jadi dan dalam bentuk e-visa," ungkap Manager Sales and Marketing Super Jet Travel and Holidays, Maria Rowena Javier, saat ditemui di Jakarta, Jumat (29/8/2014) lalu.

Super Jet sendiri merupakan salah satu biro perjalanan wisata terbesar di Uni Emirat Arab yang menjual paket-paket wisata Dubai dan sekitarnya ke banyak biro perjalanan wisata di Indonesia. Jika tidak mau repot, calon wisatawan Indonesia bisa menggunakan layanan biro perjalanan wisata di Indonesia yang biasa mengurus visa Uni Emirat Arab.

"Cukup kirim scan berwarna paspor halaman yang ada fotonya dan scan berwarna foto terbaru. Lalu kirim ke kami via email. Nanti e-visa juga akan dikirim via email," ungkap Maria.

worldpropertychannel.com Dubai unggul dalam empat kategori sebagai kota favorit orang-orang kaya dunia.
Bahkan, lanjut Maria, proses visa bisa saja kilat hanya sehari untuk kondisi-kondisi tertentu. Biasanya untuk pelancong bisnis yang perlu berkunjung ke Dubai secara mendadak.

"Bisa saja jadi hanya sehari. Tiga sampai lima hari itu waktu maksimum, jadi bisa lebih cepat jadinya," jelas Maria.

Untuk wisatawan Indonesia, Dubai biasanya dipandang sebagai wisata transit. Hal tersebut diakui pula oleh Maria. Lazimnya, wisatawan Indonesia yang pergi ke Eropa atau Turki, akan transit di Dubai dan melakukan wisata transit di Dubai.

"Saat stopover ini, wisatawan Indonesia punya waktu 96 jam untuk keluar dan menikmati Dubai. Untuk wisata selama waktu ini bisa ikuti city tour setengah hari atau lebih," jelas Maria.

Sebagai gambaran biaya perjalanan Dubai, Super Jet menjual paket wisata Dubai 3 malam seharga 325 dollar AS. Harga ini sudah termasuk penginapan hotel bintang tiga untuk tiga malam termasuk sarapan, city tour setengah hari, safari gurun dengan barbeque, antar jemput bandara hotel. Sedangkan untuk tiket pesawat dari Jakarta, di kisaran 600 dollar AS PP.

www.benoy.com The Beach, Dubai.
Sementara itu, General Manager Jakarta EXpress Kim Fang, mengakui bahwa wisatawan Indonesia tidak ada yang mengambil paket wisata hanya Dubai saja. Biasanya memang digabungkan dengan negara lain seperti kunjungan ke Eropa, Yerusalem, dan Turki.

Lalu, agar bisa mengunjungi Dubai, sengaja memilih penerbangan yang stopover atau transit dalam lebih dari 24 jam di Dubai. Dengan begitu, tambah Kim, wisatawan hanya perlu menambah biaya airport tax sebesar 21 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.