Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Menghabiskan Akhir Pekan di Kawah Putih Ciwidey

Kompas.com - 11/09/2014, 15:43 WIB
advertorial

Penulis

Sudah punya rencana untuk akhir pekan? Jika Anda bosan menghabiskan akhir pekan Anda dengan hanya belanja di mall, Anda bisa mencoba wisata alam. Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Kawah Putih Ciwidey.

Kawah putih yang berada di kawasan Bandung  ini telah lama menjadi tujuan favorit di antara macam-macam tempat wisata di Bandung. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa cantik. Kawah dengan warna putih kehijauan dan kabut yang mengepul di atasnya, ditambah dengan pepohonan tanpa daun di sekitar kawah tentunya akan menjadi sebuah pemandangan mirip di luar negeri.

Kawah putih cocok dikunjungi bersama teman, keluarga ataupun kekasih. Meskipun kawah putih bukan tempat wisata yang baru, namun daya tariknya tak pernah menurun. Karena keindahannya, kawah dari Gunung Patuha ini seringkali dijadikan lokasi pemotretan untuk prewedding dan juga pengambilan gambar untuk film.

Jika melihat ketenarannya saat ini, mungkin tak ada yang menyangka jika kawasan ini dulunya dianggap angker. Hal ini dikarenakan dahulu tak ada satu pun burung yang terbang di atas kawasan ini, kalaupun ada yang terbang melintasinya, burung tersebut akan mati.

Sampai pada 1837, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang merupakan seorang ahli botani mencari penyebab matinya burung-burung tersebut. Dr. Junghuhn naik ke atas gunung dan menemukan sebuah kawah cantik dengan bau belerang menyengat. Kandungan belerang inilah yang membuat burung-burung tersebut mati. Mulai saat itu, keindahan kawah putih tersebar dari mulut ke mulut warga setempat sehingga semakin banyak orang yang ingin tahu dan membuktikan kebenarannya.

Saat ini, Kawah Putih Ciwidey menjadi salah satu tempat wisata andalan di Jawa Barat. Selain berfoto dengan latar pemandangan kawah putih, Anda juga bisa membawa peralatan melukis Anda dan memindahkan keindahan kawah putih ini ke atas kanvas, menarik ya?

Karena berada di dataran tinggi, suhu udara di kawah putih ini bisa mencapai 8 derajat Celcius. Jangan lupa membawa jaket dan pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, karena bau belerang yang tajam maka Anda wajib memakai masker penutup mulut. Tak perlu khawatir jika Anda lupa membawa masker, ada banyak penjual masker di sekitar lokasi.

Masih belum puas? Ciwidey merupakan daerah yang memiliki potensi wisata yang besar. Setelah menikmati pemandangan kawah putih, Anda bisa beristirahat sejenak di perkebunan stroberi. Di Kampung Strawberry Ciwidey yang berada tak jauh dari lokasi kawah putih, Anda bisa memetik buah ini seperti di kebun sendiri. Stroberi segar ini dihargai antara Rp 35.000 – Rp 70.000 per kilogram dan bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com