Kompas.com - 12/09/2014, 18:36 WIB
Gabus pucung salah satu menu khas Betawi yang menggunakan ikan gabus sebagai bahan pokok dan kluwak sebagai bagian dari bumbu dasar. Masakan ini menunjukkan budaya Betawi banyak dipengaruhi tradisi sungai dan rawa. KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTOGabus pucung salah satu menu khas Betawi yang menggunakan ikan gabus sebagai bahan pokok dan kluwak sebagai bagian dari bumbu dasar. Masakan ini menunjukkan budaya Betawi banyak dipengaruhi tradisi sungai dan rawa.
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS - Lebaran Betawi kembali digelar tahun ini tepatnya pada 13-14 September 2014 di Silang Monas timur laut. Tahun ini, Lebaran Betawi akan menonjolkan kekayaan kuliner Betawi dari sejumlah wilayah di Jakarta.

”Kuliner yang ditampilkan tidak hanya dari setiap wilayah, tetapi ada juga yang khas di suatu kecamatan. Ada juga sajian kuliner Betawi yang dimodifikasi,” kata Ketua Panitia Lebaran Betawi 2014 Rachmad HS dalam jumpa pers, Kamis (11/9/2014), di Jakarta.

Silang Monas akan disulap menjadi semacam perkampungan Betawi dengan stan kota, kabupaten, dan kecamatan yang menampilkan kekhasan wilayah masing-masing.

Selain itu, banyak juga hiburan yang akan memeriahkan Lebaran Betawi kali ini, seperti tanjidor, gambang kromong, dan pencak silat. Seperti Lebaran Betawi tahun-tahun sebelumnya, akan ada acara hantaran seserahan kepada pihak yang dituakan. (FRO)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.