Kompas.com - 13/09/2014, 12:47 WIB
Seorang pemanjat sedang melakukan bouldering di Eiger Adventure Store, Bandung, Jawa Barat. KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANGSeorang pemanjat sedang melakukan bouldering di Eiger Adventure Store, Bandung, Jawa Barat.
|
EditorI Made Asdhiana
BANDUNG, KOMPAS.com - Bouldering merupakan salah satu olahraga yang diadaptasi dari rock climbing, tanpa menggunakan pengaman berupa tali dan harnest. Olah raga ini bisanya dapat dilakukan di dalam ruangan dengan menggunakan dinding yang dipasang point-point untuk memanjat. Bagaimana jika di akhir pekan ini, anda mencicipi rasanya “bergelatungan” pada dinding di Eiger Adventure Store, Jalan Sumatera no 24-30, Bandung, Jawa Barat?

Seorang pemanjat sedang berlatih ketika saya mengunjungi lokasi bouldering tersebut. Sebuah chalk bag berisi tepung magnesium terikat di pinggangnya. Setelah sekitar 5 menit berkutat di dinding, akhirnya ia melepaskan gengaman dan terhempas di atas matras.

“Tepung magnesium tersebut digunakan agar tangan tetap kering dan tidak licin oleh keringat ketika memanjat,” kata seorang atlet bouldering Jabar, Amri.

Amri menuturkan, olahraga bouldering ini cukup simple karena hanya menggunakan pengaman berupa matras tebal, tidak menggunakan tali. Ia menjelaskan, peralatan yang diperlukan hanyalah sebuah chalk bag dan sepasang sepatu khusus untuk memanjat. Sepatu tersebut memiliki sol tipis dan berbentuk agak melancip di ujungnya.

“Bagi pemula, sebaiknya menggunakan jalur vertikal, tidak terlalu miring, karena tingkat kesulitan akan bertambah tergantung kemiringan medan panjat,” ucap Amri.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Jalur vertikal yang digunakan untuk pemula bouldering di Eiger Adventure Store, Bandung, Jawa Barat.
Menurut Amri, pemanasan menjadi hal yang perlu untuk dilakukan sebelum memanjat. Stretching dilakukan pada bagian lengan dan kaki untuk menghindari keram ketika memanjat.  Untuk meningatkan kemampuan panjat, latihan sepertu pull up juga harus dilakukan oleh pemanjat. “Semakin lentur tubuh sesorang, biasanya akan semakin mudah untuk memanjat. Untuk pemula, idealnya berlatih sebanyak 3 kali dalam seminggu,” jelas Amri.

Agar dapat menikmati fasilitas bouldering ini, pengunjung cukup membayar Rp 20.000 untuk 2 jam. Pengunjung akan disediakan sepasang sepatu panjat dan chalk bag untuk pemanjatan. Bagi anda yang ingin mengisi waktu luang sambil melatih kekuatan otot, olahraga bouldering ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.