Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bouldering dan Sensasi Bergelantungan di Dinding

Kompas.com - 13/09/2014, 12:47 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Bouldering merupakan salah satu olahraga yang diadaptasi dari rock climbing, tanpa menggunakan pengaman berupa tali dan harnest. Olah raga ini bisanya dapat dilakukan di dalam ruangan dengan menggunakan dinding yang dipasang point-point untuk memanjat. Bagaimana jika di akhir pekan ini, anda mencicipi rasanya “bergelatungan” pada dinding di Eiger Adventure Store, Jalan Sumatera no 24-30, Bandung, Jawa Barat?

Seorang pemanjat sedang berlatih ketika saya mengunjungi lokasi bouldering tersebut. Sebuah chalk bag berisi tepung magnesium terikat di pinggangnya. Setelah sekitar 5 menit berkutat di dinding, akhirnya ia melepaskan gengaman dan terhempas di atas matras.

“Tepung magnesium tersebut digunakan agar tangan tetap kering dan tidak licin oleh keringat ketika memanjat,” kata seorang atlet bouldering Jabar, Amri.

Amri menuturkan, olahraga bouldering ini cukup simple karena hanya menggunakan pengaman berupa matras tebal, tidak menggunakan tali. Ia menjelaskan, peralatan yang diperlukan hanyalah sebuah chalk bag dan sepasang sepatu khusus untuk memanjat. Sepatu tersebut memiliki sol tipis dan berbentuk agak melancip di ujungnya.

“Bagi pemula, sebaiknya menggunakan jalur vertikal, tidak terlalu miring, karena tingkat kesulitan akan bertambah tergantung kemiringan medan panjat,” ucap Amri.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Jalur vertikal yang digunakan untuk pemula bouldering di Eiger Adventure Store, Bandung, Jawa Barat.
Menurut Amri, pemanasan menjadi hal yang perlu untuk dilakukan sebelum memanjat. Stretching dilakukan pada bagian lengan dan kaki untuk menghindari keram ketika memanjat.  Untuk meningatkan kemampuan panjat, latihan sepertu pull up juga harus dilakukan oleh pemanjat. “Semakin lentur tubuh sesorang, biasanya akan semakin mudah untuk memanjat. Untuk pemula, idealnya berlatih sebanyak 3 kali dalam seminggu,” jelas Amri.

Agar dapat menikmati fasilitas bouldering ini, pengunjung cukup membayar Rp 20.000 untuk 2 jam. Pengunjung akan disediakan sepasang sepatu panjat dan chalk bag untuk pemanjatan. Bagi anda yang ingin mengisi waktu luang sambil melatih kekuatan otot, olahraga bouldering ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com