Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Uji Nyali di Tebing Citatah!

Kompas.com - 14/09/2014, 08:21 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

CITATAH, KOMPAS.com - Bagi anda penikmat wisata olahraga yang memacu adrenalin, tak lengkap rasanya jika anda belum mencoba olah raga panjat tebing di Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tebing yang memiliki karakteristik batuan kapur ini bisa menjadi alternatif wisata untuk mengisi liburan panjang.

Tebing Citatah yang berlokasi 5 kilometer dari gerbang tol Padalarang ini memiliki karakteristik batuan kapur yang aman untuk dipanjat. Ada tiga tebing utama yang biasa digunakan untuk pemanjatan, yaitu Citatah 48, CItatah 90, Citatah 125. Tebing tersebut diberi nama sesuai dengan ukuran ketinggiannya.

Tebing Citatah 48, yang biasa disebut warga sekitar sebagai Gunung Tebing Manik, memiliki 25 jalur pemanjatan. Tebing ini juga kerap disebut Tebing Komando karena berada di bawah pengawasan Kopassus. Di puncak tebing ini terdapat tugu pisau yang menjadi ciri khas dari tebing ini. Jika ingin memanjat tebing ini, anda harus mengurus izin pemanjatan ke Pusat Pendidikan Latihan Khusus (Pusdipassus) yang berlokasi di Batujajar, Bandung.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Tebing Citatah di Jawa Barat memiliki karakteristik batuan batu kapur yang cocok untuk pemanjatan.
Kemudian, untuk  Tebing Citatah 90 letaknya berdekatan dengan Tebing Citatah 48. Untuk Tebing Citatah 90 kurang direkomendasikan untuk melakukan pemanjatan karena medan tebing yang lebat oleh pepohonan dan hanya terdapat dua hanger (gantungan pengaman) di tebing tersebut. Di tebing ini juga terdapat aktivitas penambangan kapur dan batuan marmer yang membuat kegiatan pemanjatan menjadi kurang kondusif.

Terakhir adalah Tebing Citatah 125 yang lokasinya 500 meter dari Tebing Citatah 90. Tebing ini merupakan tebing yang paling populer di kalangan pemanjat karena tebing ini memiliki ketinggian ideal untuk pemanjatan dan jalur pemanjatan yang cukup variatif. Di ketinggian 30 meter dari tebing terdapat goa alami yang biasa digunakan untuk melakukan kepentingan pemanjatan dan tempat beristirahat bagi para pemanjat.

Untuk bisa menggunakan Tebing Citatah 125 ini, anda hanya perlu meminta izin kepada ketua RT atau pengurus Karang Taruna Pabeasan. Tebing ini berada dalam pengawasan warga Pabeasan yang mengurus fasilitas umum seperti toilet dan saung-saung di sana.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Beberapa pemanjat sedang melakukan kegiatan free climbing di Tebing Citatah, Jawa Barat.
Bagi anda yang berminat melakukan pemanjatan, anda hanya perlu mempersiapkan peralatan panjat sesuai dengan prosedur dan mengajak rekan anda yang sudah cukup berpengalaman di bidangnya. Beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti carabiner, harness, tali kernmantel, sepatu panjat, figure eight, dan lain sebagainya.

Ada baiknya, bagi pemula anda melakukan kegiatan free climbing dan harus dijaga oleh seorang belayer ketika memanjat. Hal yang perlu diingat dalam melakukan pemanjatan adalah tetap menjaga etika sopan santun antar pemanjat di sana dan menjaga kebersihan lokasi pemanjatan. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com