Tureloto, Pantai Eksotis di Nias Utara

Kompas.com - 14/09/2014, 09:32 WIB
Setiap kapal pesiar yang masuk ke Kabupaten Nias Utara harus selalu singgah ke Pelabuhan Laut di Lahewa, dan telah mendapat izin berlayar dari KPLP setempat. KOMPAS.com/HENDRIK YANTO HALAWASetiap kapal pesiar yang masuk ke Kabupaten Nias Utara harus selalu singgah ke Pelabuhan Laut di Lahewa, dan telah mendapat izin berlayar dari KPLP setempat.
|
EditorI Made Asdhiana
NIAS UTARA, KOMPAS.com – Kepulauan Nias memiliki pantai-pantai yang eksotis dan selalu menjadi incaran wisatawan mancanegara terutama menjajal tingginya gelombang di kawasan tersebut. Salah satu pantai menawan adalah Pantai Indah Tureloto di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Akses menuju ke lokasi 4 km dari Kecamatan Lahewa, 27 km dari Ibu Kota Kabupaten Nias Utara atau 80 km dari Kota Gunungsitoli setara dengan 2 jam perjalanan.

Jalan menuju lokasi pun sudah bisa dikatakan lumayan bagi ukuran penduduk setempat dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Pantai ini sebenarnya memiliki banyak terumbu karang berbentuk semacam otak-tak setengah lingkaran yang mengitari seluruh lokasi pantai indah Tureloto dan terdapat batu bercorak otak manusia yang disebut Batu Otak.

Di beberapa tempat lokasi ini pun dapat dijadikan tempat pemandian (kolam renang) karena airnya jernih dan Anda seakan-akan berada di danau yang airnya tenang. Pada hari-hari libur dan hari keagamaan selalu ramai di mana puluhan kendaraan roda empat dan ratusan roda dua yang datang dari berbagai penjuru silih berganti memasuki pantai ini.

KOMPAS.COM/HENDRIK YANTO HALAWA Turis asal Inggris menikmati gulungan ombak di Kabupaten Nias Utara, Letaknya yang berada di ujung utara Pantai Pasir Merah. Lokasi ini masih belum diketahui oleh banyak orang, akan tetapi sering dikunjungi oleh turis asing.
Pantai ini sudah menjadi pilihan penikmat wisata dengan angin sepoi-sepoi dan beningnya serta birunya air laut. Kalau Anda berada di sini dijamin tak ingin segera kembali ke rumah. Namun masih banyak kekurangan di pantai ini yang perlu dibenahi, seperti lokasi tempat berenang yang aman. Perlu juga disediakan perahu-perahu yang layak dan bersih untuk berlayar melihat pasir putih dari kejauhan.

Selain itu penataan rumah-rumah penduduk di kiri-kanan jalan masuk pantai agar dapat menonjolkan suasana khas desa yang masih asri dan tenang. Untuk mengatasi rasa haus dan lapar, di tempat ini tersedia pula beragam pilihan makanan dan minuman. Fasilitasi publik pun tersedia seperti kamar mandi dan sarana lainnya.

Masyarakat desa juga perlu diajak berpartisipasi menyediakan penginapan berupa homestay untuk wisatawan yang ingin bermalam serta membuat suvenir yang dapat dibawa pulang wisatawan sebagai kenang-kenangan telah mengunjungi Pantai Tureloto di Kabupaten Nias Utara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X