Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Bermain Si Bola Gelinding...

Kompas.com - 14/09/2014, 15:41 WIB
Michael

Penulis

BOWLING adalah sebuah jenis olahraga yang memerlukan kekuatan tangan dan keseimbangan tubuh dalam menggelindingkan bola untuk menjatuhkan pin. Jumlah pin ada sepuluh buah disusun berbentuk segitiga dan jika bisa dijatuhkan semua dalam satu kali lemparan maka namanya adalah strike. Jika masih ada pin yang tersisa dari lemparan pertama, namun habis pada lemparan kedua namanya adalah spare. Open frame atau missed adalah istilah jika anda tidak bisa menjatuhkan semua pin dalam dua kali lemparan.

KOMPAS.COM/MICHAEL Mesin bola yang mengembalikan bola setelah dilemparkan ke pin.
Dalam permainan bowling, ada 10 frame di mana 1 framenya mempunyai dua kotak yang melambangkan dua kali lemparan. Jika ditotal ada 20 kali lemparan dalam satu game. Untuk skor tertinggi dalam game bowling adalah 300 yang dinamakan perfect game saat anda berhasil melakukan strike di tiap frame.

Walaupun bisa digolongkan sebagai olahraga, namun bowling juga dianggap sebagai permainan karena sangat menyenangkan untuk dilakukan. Bowling sendiri cukup digemari oleh masyarakat Indonesia dapat terlihat dari banyaknya klub bowling dan arena latihannya. Bahkan berbagai turnamen diselenggarakan untuk olahraga bowling.

Bermain bowling apalagi dengan sempurna memerlukan latihan yang serius, namun anda tidak harus menjadi profesional untuk dapat bermain bowling. Cukup tahu dasar-dasarnya agar tidak cedera dan paling tidak bola anda tidak selalu meleset. Sebelum bermain bowling, selalu lakukan pemanasan agar tangan anda siap untuk melesatkan bola bowling.

Salah satu tempat untuk bermain dan berlatih bowling di Jakarta adalah Artha Gading Bowling Center (AGBC) yang berada di Mal Artha Gading, Jakarta Utara. Tempat ini cukup digemari para pencinta bowling karena tempatnya yang bagus dan fasilitasnya yang masih baik.

KOMPAS.COM/MICHAEL Rak bola yang beragam tergantung dari beratnya bola.
Untuk satu gamenya, pada hari biasa anda akan dikenakan biaya Rp 25.000 pada pukul 10 sampai 4 sore dan Rp 30.000 pukul 4 sampai 12 malam. Pada akhir pekan dan hari libur biayanya Rp 35.000 dari pukul 10 sampai 12 malam. Ada biaya tambahan sebesar Rp 10.000 untuk menyewa sepatu khusus bowling.

Sebelum bermain anda dapat memilih bola bowling di rak bola. Di situ terdapat beragam bola dengan berat yang berbeda. Untuk pemula, dianjurkan memakai bola yang ringan terlebih dahulu agar tidak cedera saat mengayunkan tangan.

KOMPAS.COM/MICHAEL Artha Gading Bowling Center (AGBC) di Mal Artha Gading, Jakarta Utara.
Di tiap lane, disediakan bangku untuk beristirahat sejenak jika anda lelah pada saat menyelesaikan beberapa frame. Tidak perlu terburu-buru dalam bermain bowling karena tidak ada batasan waktu dalam bermain, yang penting satu game adalah 20 kali lemparan.

Skor anda akan ditampilkan di monitor di setiap lane sehingga memudahkan anda untuk mengetahui skor dan dapat membandingkannya dengan teman anda. Bersenang-senanglah selama bermain bowling. Ini adalah olahraga sekaligus permainan yang menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com