Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Lokasi Menyelam di Timur Indonesia

Kompas.com - 14/09/2014, 16:28 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu cara untuk menikmati alam Indonesia adalah dengan menyelam. dengan cara begini, Anda akan mendapat pengalaman berbeda dengan suguhan pesona alam bawah laut. Banyak orang yang kemudian jatuh cinta dengan olahraga air ini. Indonesia yang dikelilingi perairan ternyata tak habis-habis menjadi tempat paling dicari oleh diver (sebutan bagi yang melakukan diving). Saat ini, laut di Indonesia bagian timur memang menjadi sasaran utama para diver. Lathiful Amri, salah satu pengelola Kakaban Trip memberi tujuh rekomendasi tempat diving paling dicari di wilayah Indonesia Timur.

Raja Ampat. Raja Ampat dikenal dengan suranya wisata penyelaman. Bagaimana tidak, perairan di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, ini diakui sebagai salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia dengan pertimbangan kelengkapan flora dan fauna bawah laut saat ini. Di sana, ditemukan ratusan jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu. Fauna bawah lautnya pun beragam, Anda dapat menemui mulai dari ikan paus hingga ikan nemo. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

Yang menarik, karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus kencang. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan drift dive, yaitu penyelaman dengan mengikuti arus yang kencang pada air laut yang jernih sekaligus menerobos kumpulan ikan.

Alor, Nusa Tenggara Timut (NTT). Selain indah, Alor menjadi tempat penyelaman yang baik untuk pemula. Pemandangannya yang indah diisi oleh fauna semacam ikan paus, hiu, pari, sampai ikan-ikan kecil. Di Sana, Anda juga dapat menemukan kontur terumbu karang yang berbeda-beda.

DOK INDONESIA.TRAVEL Keindahan bawah laut di Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Pulau Komodo. Kepulauan yang satu ini memiliki ratusan tempat menyelam. Banyak diantaranya  belum sempat terjamah. Pada hari-hari biasa, suhu air laut bisa berkisar antara 27 derajat sampai 30 derajat. Saat itu, di beberapa titik selam suhu bisa turun sampai 18 derajat. Lautnya berwarna cerah sehingga Anda dapat melihat dalam jarak pandang hingga 50 meter. Dengan lebih dari 1200 spesies laut yang berbeda, Kepulauan Komodo telah menjadi salah satu tempat terbaik menyelam saat ini.

Morotai. Keistimewaan Morotai sebagai lokasi penyelaman ialah adanya kapal karam (ship wreck) di lautnya. Di sana Anda dapat menikmati pesona biota bawah laut yang menjadikan kapal karam ini sebagai rumah mereka.

Biak atau Kawasan Padaido. Menikmati sejarah sambil mengamati biota bawah aut yang indah? Di sini tempatnya. Di Pulai Padaido, Anda dapat menikmati pengalaman menyelam di goa bawah laut sambil melihat sisa-sia peninggalan bekas Perang Dunia II yang menyebar hingga Pulau Yapen berupa bangkai-bangkai kapal karam, pesawat hingga tank.

DOK INDONESIA.TRAVEL Surga bawah laut di Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Wakatobi. ”Dari sekian banyak lokasi penyelaman di wilayah Indonesia Timur, saya rasa Wakatobi bisa menjadi rekomendasi tempat. Selain indah, Wakatobi bisa dinilai sebagai lokasi penyelaman yang relatif lebih terjangkau di antara yang lainnya," ungkap Amri. Ada empat pulau di Wakatobi, beberapa area laut di kepulauannya juga termasuk luas dan memiliki biota laut yang indah.

Banda Neira. “Sensasi menyelam di Banda Neira memang harus dicoba oleh para penyelam.Sebagai tempat dengan lokasi pantai dan laut yang sangat indah, Banda Neira termasuk salah satu yang belum banyak terjamah,” kata Amri. Padahal, ada banyak biota laut yang dapat dinikmati di sini dengan terumbu karang yang maish segar dan jarak penglihatan di dalam laut hingga 40 meter. Airnya masih jernih, belum ada partikel yang membuatnya keruh.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com