Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Becak Hias Semarakkan Festival Danau Toba

Kompas.com - 16/09/2014, 13:34 WIB
BALIGE, KOMPAS.com - Parade becak berhiaskan rumah adat Batak akan menyemarakkan pembukaan Festival Danau Toba (FDT) di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Rabu (17/9/2014).

"Sedikitnya 15 becak khas yang dihiasi miniatur rumah adat Batak akan berkonvoi membawa rombongan tamu dari acara pembukaan di museum TB Center ke Lapangan Sisingamangaraja," ujar Kepala Dinas Pariwisata Toba Samosir, Ultri Simangunsong di Balige, Selasa (16/9/2014).

Para tamu dan panitia akan menumpang becak menuju lokasi penyelenggaraan pameran ekonomi kreatif yang dipusatkan di Lapangan Sisingamangaraja. Lapangan ini terletak di tengah Kota Balige sebagai ibu kota Kabupaten Toba Samosir.

FDT 2014, menurut Ultri, merupakan tahun kedua pelaksanaannya setelah namanya berganti dari sebelumnya Pesta Danau Toba, dengan penunjukan Pemkab Toba Samosir sebagai tuan rumah, berdasarkan surat Kemenparekraf nomor HM.304/3/8/WPEK/2013 tanggal 7 November 2013.

Festival yang digelar mulai 17 hingga 21 September ini, akan menampilkan berbagai atraksi budaya. Jenis perlombaan yang akan meramaikan pesta rakyat itu, di antaranya, pertunjukan tari tortor, Lake Toba World Drum Festival, lomba solu bolon (sejenis perahu besar/dragon boat) serta pameran pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, akan diadakan sejumlah atraksi budaya lokal, seperti Monsak Batak (seni olahraga beladiri) dan berbagai permainan rakyat yang dulu sering dimainkan untuk turut diperlombakan. "Pelaksanaan FDT 2014 di Kabupaten ini diharapkan akan menjadi tahun kebangkitan pariwisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya," kata Ultri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com