New England Indonesian Festival 2014 Digelar di Boston - Kompas.com

New England Indonesian Festival 2014 Digelar di Boston

Kompas.com - 16/09/2014, 16:37 WIB
KOMPAS/SONYA HELLEN SINOMBOR Tim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menampilkan tari Topeng Ireng Gugur Gunung di New England Indonesian Festival, Sabtu (13/9/2014), di Copley Square, Boston, Amerika Serikat.
BOSTON, KOMPAS — Pertunjukan seni dan budaya Nusantara menjadi pintu masuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia di dunia internasional, seperti yang terlihat dalam New England Indonesian Festival 2014 yang berlangsung di Kota Boston, Amerika Serikat, Sabtu (13/9/2014). Ratusan warga Boston dan sekitarnya, serta warga negara Indonesia yang tinggal di Boston, menyaksikan pertunjukan seni tradisi dari berbagai daerah di Tanah Air.

Pertunjukan seni tradisi dari tim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang diundang mengisi acara tersebut, memukau penonton dengan berbagai tarian, salah satunya tari Topeng Ireng Gugur Gunung.

Tarian yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat di lereng Gunung Merapi dan Merbabu ini dibawakan oleh 18 pelajar dengan kostum bernuansa etnik. Mereka mendapat sambutan meriah dari penonton yang memenuhi Copley Square, Boston.

Wartawan Kompas, Sonya Hellen Sinombor, melaporkan, acara yang dibuka Konsul Jenderal RI di Boston Ghafur Akbar Dharmaputra dan dihadiri Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI untuk Amerika Serikat Haryo Winarso berlangsung pada Sabtu mulai sekitar pukul 11.00 hingga pukul 19.00 waktu setempat.

Selain pertunjukan tarian dan musik Nusantara, festival yang digagas mahasiswa Indonesia di Boston yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) ini juga menampilkan berbagai kuliner Nusantara di sekitar tempat pertunjukan.

”Copley Square adalah tempat bergengsi seperti di Monas Jakarta karena ini pusat kota. Pemerintah kota ini memberikan izin buat pentas orang asing merupakan sesuatu yang hal yang luar biasa,” ungkap Ghafur.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Haryo. Menurut Haryo, pertunjukan seni menjadi ajang promosi untuk Indonesia. Melalui seni, orang asing menjadi tahu lebih jauh tentang Indonesia dan akhirnya tertarik berkunjung ke Indonesia.

Gemma Ivana Miranda, penggagas New England Indonesian Festival, menyatakan, misi mahasiswa menampilkan seni pertunjukan budaya Indonesia karena melihat banyak orang Indonesia tinggal dan sekolah di Boston dan sekitarnya.


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X