Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester Pertama 2014, Ada Setengah Miliar Wisatawan Dunia

Kompas.com - 17/09/2014, 13:38 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Kedatangan wisatawan internasional meningkat sebesar 4,6 persen di semester pertama tahun 2014. Hal tersebut berdasarkan laporan terkini UNWTO World Tourism Barometer.

Destinasi seluruh dunia menerima 517 juta wisatawan internasional pada bulan Januari sampai Juni 2014. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 22 juta dibanding periode yang sama di tahun 2013.

Pertumbuhan pesat terjadi di benua Amerika yaitu lebih dari 6 persen, diikuti oleh Asia Pasifik dan Eropa yang keduanya mengalami peningkatan lebih dari 5 persen. Secara regional, Asia Selatan dan Eropa Utara mengalami pertumbuhan paling pesat, yaitu di atas 8 persen. Sementara Asia Timur dan Eropa Selatan kawasan Mediterania, sama-sama mengalami peningkatan di atas 7 persen.

"Hasil ini menunjukkan bahwa pariwisata terus mengalami peningkatan di beberapa tahun belakangan. Hal ini memberikan kontribusi bagi pengembangan dan kesempatan ekonomi di seluruh dunia," ungkap Sekjen UNWTO Taleb Rifai.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengunjungi reruntuhan bangunan Gereja St Paul, Macau, Minggu (13/5/2012).
"Walau menghadapi tantangan ekonomi dan geopolitik, angka kedatangan wisatawan internasional mengalami peningkatan rata-rata sebesar 5 persen per tahun sejak 2010. Sebuah tren yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi, semakin banyak komoditi ekspor, dan lapangan kerja," tambahnya.

Sepanjang tahun 2014, UNWTO mengharapkan pertumbuhan wisatawan internasional mengalami peningkatan antara 4 sampai 4,5 persen di seluruh dunia. Angka ini di atas prediksi jangka panjang UNWTO sebesar 3,8 persen per tahun pada periode 2010 sampai 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com