Kompas.com - 20/09/2014, 12:26 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Kuliner Jepang-Korea dengan sentuhan eksperimental. Sebuah kalimat yang mengambarkan restoran Akira Back. Restoran ini terletak di gedung MD Place Lantai 12 di bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Nama "Akira Back" bisa jadi tak akrab di Indonesia. Tetapi inilah nama seorang koki selebritis yang terkenal di Las Vegas, Amerika Serikat. Restorannya di Las Vegas melayani orang-orang tenar, mulai dari Paris Hilton sampai Bill Clinton, mantan presiden Amerika Serikat.

Masuk ke restoran Akira Back di Jakarta, kaca-kaca besar mendominasi dan pemandangan dari ketinggian gedung pun tampak jelas. Di siang hari, matahari masuk memberi suasana terang di restoran. Sementara di malam hari, temaram lampu kota khas Jakarta, tampak cantik dari dalam restoran.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Restoran Akira Back, Jakarta.
Ada beberapa area di restoran yang menempati ruangan yang sangat luas. Misalnya area bar yang lebih terbuka. Lalu ruang-ruang privat dengan berbagai kapasitas. Di lantai atasnya ada ruangan dengan atap kaca, sehingga terkesan ruang terbuka. Desainnya menerapkan bernuansa alam dengan permainan kayu.

Untuk hidangannya bisa mencoba Miso Black Cod. Ikan kod dimarinasi dan dipanggang dengan pasta miso khas Jepang. Ada sensasi gurih khas Miso dan manis dari madu yang lumayan terasa. Hidangan ini semakin kaya rasa dan tampilan cantik berkat tambahan cabai shishito panggang dan busa dari buah bit.

Seperti diungkapkan Marketing And Promotion Akira Back Indonesia Gabrielle Subires, Akira Back sengaja menghidangkan makanan-makanan kreasinya di Indonesia dengan rasa yang sedikit berbeda, yaitu lebih manis dan lebih pedas. Berbeda dengan restoran milik Akira di India yang fokus pada vegetarian. Namun, sebagian besar menunya sama dengan yang ada di Las Vegas.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Miso Black Cod
Pilihan menu lainnya yang wajib dicoba adalah Tuna Pizza. Sesuai namanya, hidangan ini tampil layaknya pizza. Bedanya, roti pizza berganti dengan semacam keripik taco yang garing dan tips. Lalu atasnya adalah tuna sashimi alias mentah yang sudah diiris tipis-tipis. Sebagai pelekat antara tuna dan taco adalah ponzu mayo, yaitu saus paduan antara mayonaise dengan saus Ponzu khas Jepang yang asam.

Belum cukup, tuna disiram dengan minyak truffle yang banyak dan taburan daun micro shiso yang cantik. Aroma khas jamur truffle sangat tercium. Sementara daun shisho atau daun perilla biasa hadir di makanan mentah seperti sashimi untuk menyamarkan bau amis. Harumnya daun shisho mini semakin memperkaya rasa menu ini. Menu satu ini sukses menjadi favorit.

Menu favorit lainnya adalah AB Tacos yaitu kulit tacos diberi isian daging wagyu cincang yang diberi saus Ponzu pedas dan tomat. Lalu ditaburi dengan cabai khas Meksiko, Jalapeno.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES 48Hrs Wagyu Short Rib
Menu lainnya yang patut dicoba adalah 48Hrs Wagyu Short Rib. Dari namanya saja sudah bisa ditebak tekstur daging yang lembut dari sapi jenis wagyu. Daging diambil dari bagian iga, lalu dimasak selama 48 jam. Hasilnya, daging begitu lunak dan mudah putus saat digigit, hingga terasa lumer di lidah. Tak perlu banyak bumbu, karena dagingnya itu sendiri sudah begitu bercita rasa.

Harga makanan di Akira Back bervariatif mulai dari Rp 35.000 sampai bahkan Rp 2 juta yaitu menu daging Ishiyaki dengan kelas A5, sampai Rp 2,5 juta untuk menu caviar. Sementara untuk sushi dan sashimi di kisaran mulai dari Rp 45.000. Karena letaknya di wilayah perkantoran, restoran ini juga menyediakan paket menu makan siang seharga Rp 180.000 (++) terdiri dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.