Pertamina Peduli Lingkungan, "1 Million Mangrove for Our Next Generation"

Kompas.com - 23/09/2014, 11:02 WIB
- -
Penulis advertorial
|
Editoradvertorial

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai. Sudah seharusnya, habitat dari hutan bakau atau mangrove di sepanjang garis pantai dijaga dengan baik oleh masyakarat maupun pemerintah. Selain sebagai pendukung berbagai jasa ekosistem, salah satu fungsi utama mangrove adalah untuk melindungi garis pantai dari pengikisan serta meredam gelombang besar, seperti tsunami.  

Kepedulian akan mangrove ditunjukkan oleh Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap pada acara Hari Lingkungan Hidup 2014. Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen RU IV Cilacap terhadap lingkungan. Dengan mengusung semangat 1 million mangrove for our next generation, RU IV mengajak stakeholder-nya menaman bersama bibit mangrove di kawasan Ujung Alang, Kampung Laut, pada (15/9).

Melalui tagline “Creative Act for Environment (CARE)”, acara dikemas dengan berbagai kegiatan, di antaranyajalan sehat, penyerahan bibit pohon kepada masyarakat, dan pameran mitra binaan berbasis lingkungan yang dipusatkan di Lapangan Komperta Donan Lomanis Cilacap. Sedangkan peresmian Pusat Konservasi Mangrove dan Studi Plasma Nutfah Indonesia, penyerahan kapal patroli mangrove dan penanaman bibit mangrove dilaksanakan di Kampung Laut.

Bibit pohon diserahkan Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA kepada perwakilan kelompok masyarakat di Cilacap, serta didampingi Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamudji, Direktur Umum Pertamina Luhur Budi Djatmiko, Corporate Secretary Pertamina Nursatyo Argo,  GM RU IV Edy Prabowo, beserta jajaran Muspida dan manajemen Pertamina.

“Ini contoh yang baik bagi pelaku bisnis lainnya. Saya sangat senang dengan upaya yang dilakukan RU IV,” ujar Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA di hadapan masyarakat Cilacap.

GM RU IV Edy Prabowo menyampaikan “Sebagai pelaku bisnis, tentunya kami tidak bisa lepas tangan dari tanggung jawab pemeliharaan lingkungan. Prioritas utama terhadap pengelolaan lingkungan diwujudkan melalui partisipasi aktif RU IV dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun ini,”

Ia berharap, kegiatan ini dapat menciptakan sense of interest masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan, menciptakan ekonomi yang ramah lingkungan serta berperan nyata dalam mengurangi efek gas rumah kaca yang berpengaruh pada perubahan iklim dunia. (adv)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.