Kompas.com - 24/09/2014, 16:25 WIB
EditorI Made Asdhiana
MATARAM, KOMPAS — Menjaga keseimbangan alam menjadi isu yang diangkat dalam Festival Senggigi 2014 yang dipusatkan di obyek wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Upaya memelihara lingkungan hidup alam yang menjadi kearifan lokal masyarakat secara turun-temurun, seperti selamet lowong (merawat benih padi) dan rowah gawah (ruwatan kawasan hutan), diwujudkan lewat pergelaran kesenian di festival itu. ”Intinya tema Festival Senggigi 2014 adalah kembali ke alam,” ujar Gede Renjana, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Selasa (23/9/2014), di Mataram.

Festival ini digelar empat hari mulai Rabu (24/9/2014) sore. Tujuannya, mendongkrak kedatangan wisatawan dalam negeri dan luar negeri, serta menggali, memperkenalkan, dan merawat potensi sumber daya alam. (rul)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.