Kembangkan Pariwisata Hijau, NTB Berguru ke Jeju

Kompas.com - 24/09/2014, 19:33 WIB
Suasana di salah satu sudut obyek wisata Museum Desa Rakyat Jeju di Pulau Jeju, Korea Selatan, Jumat (22/11/2013). Lebih dari 100 rumah tradisional asli dan lebih dari 8.000 barang koleksi khas tradisi masyarakat Jeju dipajang di lokasi ini. KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWANSuasana di salah satu sudut obyek wisata Museum Desa Rakyat Jeju di Pulau Jeju, Korea Selatan, Jumat (22/11/2013). Lebih dari 100 rumah tradisional asli dan lebih dari 8.000 barang koleksi khas tradisi masyarakat Jeju dipajang di lokasi ini.
EditorI Made Asdhiana
MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menjadikan Provinsi Jeju, Korea Selatan, sebagai guru dalam mengembangkan konsep pariwisata hijau.

Hal itu dikatakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda NTB H Lalu Gita Aryadi saat mendampingi Gubernur TGH Zainul Majdi bertemu Gubernur Jeju Korea Selatan Won Hee-ryon dalam rilis yang diterima Antara di Mataram, Rabu (24/9/2014).

Menurut Gita, Gubernur Jeju berterima kasih atas kedatangan Gubernur NTB sekaligus menjadi narasumber pada "International Green Island Forum" (IGIF) yang berlangsung hari ini dan diikuti delegasi 12 negara.

"Pada kesempatan ramah tamah Gubernur Jeju menjelaskan konsep pembangunan hijau di provinsinya, termasuk pariwisata hijau dan konsep green energy-nya," kata Gita.

Sementara itu, Gubernur NTB TGH Zainul Majdi mempromosikan keindahan obyek wisata Gili Trawangan, Meno, Air, Nanggu, Pulau Moyo, Resor Mandalika, Mekaki, Pantai Pink, dan Gunung Rinjani.

Dalam kesempatan itu, lanjut Gita, Gubernur NTB menyampaikan apresiasi kemajuan pariwisata Jeju yang sudah mampu menggaet 10 juta wisatawan tahun 2013. Oleh karena itu, Gubernur NTB ingin menjalin kerja sama dan akan menjadikan Jeju tempat berguru pariwisata hijau yang baik.

SHUTTERSTOCK Kota Jeju di Korea Selatan.
"Gubernur Zainul Majdi juga mengundang Gubernur Jeju untuk berkunjung ke NTB dan menyatakan kesiapan bila NTB ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan IGIF tahun depan," ujarnya.

Acara ramah tamah diakhiri dengan tukar menukar cenderamata. Gubernur NTB menyerahkan ukiran kerang mutiara dan tenun ikat Sukarara. Kehadiran Gubernur TGH Zainul Majdi di Jeju Korea Selatan dalam rangka memenuhi undangan untuk menjadi pembicara dalam IGIF pada 24-26 September 2014.

"Jadi gubernur ditunjuk mewakili Indonesia. Terpilihnya NTB juga tidak terlepas bagaimana selama ini Pemprov NTB dalam menginisiasi dan mendukung Pulau Lombok sebagai pulau hijau," kata Gita Aryadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X