Kompas.com - 25/09/2014, 19:27 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BEGITU tiba di Jalan Raya Sawarna, pejalan akan dihadapkan pada kemudahan memilih akomodasi. Tentu saja pilihan tempat tinggal ini sangat penting, karena di situlah kita beristirahat selama berlibur. Pilihan tepat, bakal membuat liburan semakin berkesan.

Beberapa pilihan menarik tersedia, tergantung bujet yang telah disiapkan. Ada dua kategori akomodasi di kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan Pantai Laut Selatan ini, yaitu homestay dan bungalow. Disebut pertama berlokasi di Desa Wisata Sawarna dan yang kedua berada di sepanjang Jalan Raya Sawarna.

Tips saya, Anda bisa datang langsung ke tempat-tempat ini untuk melihatnya, kemudian memutuskan ingin tinggal di mana. Ini berlaku bila kunjungan adalah di luar hari libur Nasional maupun akhir pekan. Di luar itu, sebaiknya melakukan pemesanan via telepon lebih dahulu. Informasi nomor bisa didapat dengan mudah melalui mesin pencari, gunakan kata kunci "sawarna".

Homestay banyak dipilih pengunjung, karena memiliki akses mudah menuju titik-titik wisata. Belum lagi lokasinya yang berada di dalam permukiman penduduk setempat, membuat kita serasa bertamu ke rumah kerabat.

Berbagai tipe tersedia di sini. Contohnya Supendi's Homestay yang hanya memiliki tiga kamar tidur untuk tamu, dan dilengkapi kipas angin sebagai sarana pendingin udara. "Kami juga dapat menyediakan menu sarapan, makan siang dan malam yang lauknya menyesuaikan keinginan tamu," bilang Supendi, sang empunya.

"Dijamin harga masakan ini juga terjangkau, seperti nasi lauk telur adalah sekitar Rp 10.000. Atau bisa juga dibuatkan menu ikan bakar dan lain-lain khas sari laut."

Ada pula homestay yang terpisah dari rumah sang pemilik, dengan bentuk-bentuk seperti cottage bermaterial bambu dan kayu, sampai semacam hotel mini atau rumah kontrakan. Fasilitasnya juga beragam. Mulai yang pokok, seperti kasur (diletakkan langsung di lantai), kipas angin atau pendingin udara (AC), kamar mandi dan peturasan, sampai fasilitas tambahan seperti meja bermain tenis meja.

Untuk fasilitas parkir, semua kendaraan dikumpulkan menjadi satu di sebuah lahan dekat toko waralaba dan jembatan gantung di jalan masuk ke Desa Wisata Sawarna. Harga kamar dikenai per orang dan dapat dijadikan paket yang sudah termasuk makan tiga kali sehari. Berkisar Rp 250.000 - Rp 300.000.

R. Ukirsari Manggalani/National Geographic Traveler Salah satu contoh interior penginapan bergaya cottage di kawasan Sawarna.
Alternatif, adalah tinggal di cottage atau semacam hotel yang tersebar di sepanjang Jalan Raya Sawarna. Model yang dominan adalah semacam rumah panggung, dengan penggunaan bambu dan kayu untuk mempermanis bangunan. Kasur ditempatkan di lantai, tetapi ada yang diletakkan di tempat tidur.

Dilengkapi pendingin udara (AC) dan kamar mandi sudah menyatu di dalam bangunan. Kendaraan pun bisa leluasa diparkir langsung di bagian depan cottage ini. Harga diberikan per kamar atau per bangunan, antara Rp 450.000 (bisa diisi tiga orang dengan tiga bed ukuran tunggal) sampai Rp 700.000 (sampai empat orang dengan dua double bed).

Nominal ini belum termasuk bersantap dan kita dapat menanyakan kesediaan mereka untuk menyiapkan makanan dengan harga khusus. "Paling sering, tamu berbelanja sendiri lalu kami masakkan," ujar Ase, salah satu pengurus cottage di seberang Pantai Muara Sawarna.

"Atau," lanjut Wawan, juga seorang pengurus penginapan tetangga tempat Ase bekerja, "Anda silakan berbelanja ikan (ada Tempat Pelelangan Ikan atau TPI di Desa Wisata Sawarna dan Pulau Manuk) dan kami siap membakarkan, juga menanak nasinya."

Sama-sama pilihan menarik, bukan? Homestay mengajarkan interaksi dengan warga setempat, sementara hotel atau penginapan mewah mendekatkan kita dengan rekan-rekan perjalanan, seperti bertukar obrolan sembari melihat proses pembakaran ikan, atau saat berjalan kaki menuju Pantai Ciantir sampai Pantai Muara Sawarna. (Rr. Ukirsari Manggalani)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.