Kompas.com - 28/09/2014, 14:28 WIB
EditorI Made Asdhiana
CIREBON, KOMPAS.com - Sultan Sepuh XIV Kasultanan Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat mengaku bersyukur Cirebon dipilih menjadi tuan rumah Festival Seni dan Budaya Pesisir yang baru pertama kali digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dia berharap dengan acara tersebut, Cirebon semakin dikenal luas dan menjadi destinasi utama pariwisata di Jawa Barat.

"Cirebon ditunjuk untuk yang pertama kali. Mudah-mudahan dari Cirebon ini seni dan adat pesisir dimulai," kata Sultan Sepuh dalam konferensi pers di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (27/9/2014).

Sultan Sepuh mengungkapkan, sekarang Cirebon telah menjadi rute wisata kapal pesiar internasional. "Setiap bulan turis asing banyak yang datang ke Cirebon. Mereka menggunakan kapal pesiar, dan berlabuh di Pelabuhan Muara Jati. Dari Pelabuhan kemudian mereka mengunjungi beberapa tempat termasuk Keraton Kasepuhan," katanya.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Pengunjung Mengambil Gambar Lukisan Prabu Siliwangi yang Tersimpan di Museum Kereta Singabarong, Keraton Kasepuhan, Cirebon
Menurut Sultan Sepuh, Cirebon memang tidak hanya kaya akan seni dan budaya. Di kota yang dijuluki sebagai Kota Wali, ini juga terdapat ragam kuliner khas dan produk seni. "Semua itu bisa dinikmati karena tetap terjaga sampai sekarang," ujarnya.

Festival Seni dan Budaya Pesisir akan digelar 7-10 Oktober, di mana 7 Oktober dikhususkan untuk Haul Sunan Gunung Jati. Ada lima provinsi yang terlibat, yakni Jabar, Banten, DKI Jakarta, Jateng, dan Jatim. (roh)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.