Kompas.com - 28/09/2014, 16:04 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan, wisata umrah semakin diminati. Perjalanan ibadah ini mulai dilirik karena terbatasnya kuota untuk pergi ibadah haji dari pemerintah. "Buka paket umrah itu sudah pasti ada pangsa pasarnya, karena memang termasuk pada wisata ibadah, kadang orang lebih pilih jalan-jalan ke tempat yang bisa sekalian ibadah," ungkap Manager Pantuna, Trio Nursalam di Kompas Travel Fair 2014, Jakarta Covention Center, Minggu (28/9/2014).

Paket umrah dibuat semenarik mungkin. Di Pantuna, ada beberapa paket yang ditawarkan. "Paketnya ada tiga selama 9 hari, kita pakai warna dari yang paling mahal sampai yang paling murah. Ungu, Hijau, dan Biru, bedanya hanya hotel dan bus perjalanan di sana," jelas Trio.

Untuk Ungu, misalnya hotel yang dipakai ialah bintang 5 standar internasional, sedangkan Hijau untuk hotel bintang 5 standar lokal, dan Biru untuk bintang 4. Di tiap paket warna yang dipilih, ada pilihan harga kembali. "Di tiap warna, ada perbedaan harga lagi tergantung jumlah orang per kamar, Quad untuk empat orang, Triple untuk tiga orang, dan Double untuk dua orang," jelasnya.

Untuk harga, Ungu dipatok mulai 3.000 dollar AS, Hijau mulai 2.700 dollar AS, dan Biru mulai 2.500 dollar AS, masing-masing menggunakan maskapai Garuda. "Bisa kalau mau tekan harga pakai maskapai lain, tapi biasanya harus transit karena yang dipakai itu maskapai asing," tambahnya.

Selain paket umrah, Pantuna juga menawarkan paket menarik lainnya. "Ini biasanya bagi yang juga mau lebih banyak waktu berjalan-jalan. Paket umrah digabung dengan wisata ke Aqsa, Abu Dhabi dan Dubai, Turki, serta Kairo. Paling banyak peminat ialah ke Turki. Perjalanan bisa sampai 12 hari," terangnya lagi.

KOMPAS/ST SULARTO Reruntuhan Kota Efesus.
Perjalanan umrah ditambah dengan perjalanan ke negara lainnya, menurut Trio, mengundang antusiasme wisatawan. "Kita juga selaraskan ke tempat-tempat wisata yang memiliki keterkaitan, misal yang ada wisata sejarah atau peradaban Islam," katanya.

Antusiasme pemesan paket umrah juga diungkapkan oleh Marcomm, Product & Development Maneger Indo Citra Tamasya (ICT) Tastia Yualita, yang turut menyediakan paket umrah. "Animo dari mulai yang tanya-tanya sampai yang pesan pun terus meningkat, ada saja pasti. Apalagi paketnya beragam," ungkapnya.

Ragam paket yang ditawarkan ICT di antaranya Umroh Express untuk 5 hari keberangkatan, yaitu mulai dari 1.800 dollar AS, Regular untuk keberangkatan 9 hari mulai dari harga 1.600 dollar AS dan Umroh Plus mulai dari harga 3.000 dollar AS. "Umroh Plus adalah umrah plus kunjungan ke beberapa negara lain, seperti Turki, Dubai, Mesir, sampai Eropa. Paket seperti ini yang mulai dilirik," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.