Kartu Kredit, Antara Masuk Angin dan Sepatu-sepatu Orchard Road

Kompas.com - 29/09/2014, 08:17 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorHeru Margianto


Kartu kredit dan ATM adalah barang penting saat liburan keluar negeri. Bukan hanya sebagai untuk belanja, juga sebagai uang cadangan ketika ada masalah. 

KOMPAS.com – Suatu siang, tiba–tiba saya membaca status teman lama saya di media sosial. Namanya Diar. “Masuk angin doang, sih, bayarnya sampe sejutaan,” tulis Diar.

Sontak saya terkejut. Hah, masuk angin apaan sampai harus bayar sejutaan. Saya segera menghubunginya melalui pesan singkat. Rupanya dia sedang berada di Eropa, di Paris tepatnya. Dia mengalami mual dan muntah, kepalanya pusing. Mungkin kelelahan. Istilah orang Indonesia masuk angin.

Khawatir terjadi sesuatu, ia pergi ke rumah sakit di kota itu. Dia dirawat sekitar 3-4 jam. Dokter memberinya cairan infus termasuk beberapa butir obat.

“Untung gue bawa kartu kredit. Kalau enggak, bisa jadi gelandangan di negeri orang. Mahalnya nyekek,” balas dia melalui pesan singkat.

Saat Diar menyinggung soal kartu kredit, seketika saya teringat cerita teman saya yang lain. Astrid namanya. Kawan saya yang satu ini hobinya belanja, terutama sepatu.

Entah, berapa banyak pasang sepatu yang berjejer di lemarinya yang besar di rumahnya. Saya tak berniat menghitungnya saat melihat koleksi sepatunya berjejer memenuhi lemari.

Saat jalan bersamanya ke Singapura beberapa waktu lalu, saya ingat betul, Astrid berjanji tidak akan belanja kali itu. Ia sadar, belanja adalah sesuatu yang mudah membuatnya “terperosok”.

“Gue enggak akan belanja kali ini,” kata dia.
“Gue enggak percaya,” sahut saya.
“Bener! Toh, cuma Singapura ini, barangnya sama dengan mall di Jakarta,” kata dia. Saya hanya menggelengkan kepala.

Seperti dugaan saya, pulang dari Orchard Road ia membawa tiga kantong belanjaan yang semuanya berisi sepatu. Uangnya habis menyisakan beberapa keping recehan di kantongnya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X