Kompas.com - 02/10/2014, 09:45 WIB
EditorI Made Asdhiana
PEMANDANGAN sawah khas Ubud, Gianyar, Bali, menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Selain itu juga, Ubud terkenal dengan wisata kuliner bebeknya. Satu di antaranya adalah Restoran Bebek Joni yang terletak di Jalan Teges Kanginan.

Menurut pemilik Restoran Bebek Joni, Ni Wayan Sarmi, Nama Joni sendiri diambil dari I Made Joni, yang sebelumnya juga sudah dipakai untuk nama galeri di sini. Berada satu lokasi dengan galeri, restoran ini menyediakan lahan parkir yang memadai dan bisa menampung untuk bus-bus pariwisata.

Menyajikan pemandangan hamparan sawah yang menyegarkan, itulah yang juga menjadi ciri khas dari restoran ini. Patung Dewi Sri, sebagai simbol padi dan kemakmuran, tampak berdiri di area tengah sawah. Hal ini pun digunakan sebagai lambang kemakmuran yang diharapkan datang pada Bebek Joni.

TRIBUN BALI/CISILIA AGUSTINA SIAHAAN Restoran Bebek Joni di Ubud, Bali.
Terdapat tiga area pada restoran yang berkapasitas 160 seat ini. Area utama dengan konsep semi terbuka, yang dapat diakes langsung dari pintu masuk. Ada juga area lantai dua yang digunakan, terutama saat pengunjung lebih padat dari yang biasanya.

Kemudian, ada lima bale yang diletakkan tepat di tepian sawah. Masing-masing bale tersebut dapat digunakan untuk kapasitas empat orang. Di area bale ini, tamu pun dapat lebih merasakan sensasi menikmati santapan sambil menyatu dengan alam.

Dengan suasana alam yang ditampilkan, ini menjadi satu obyek menarik bagi para pengunjungnya. Selama di sini, para tamu kerap mengabadikan momen-momen mereka, terutama di area sawah. Tak jarang, ada juga pasangan-pasangan yang melakukan foto pre-wedding di sini.

Alunan musik Bali pun turut diputar, membangun kesan tradisional restoran ini. Para pelayan Bebek Joni pun, baik wanita maupun pria, dengan menggunakan seragam bernuansa tradisional, menyambut dan melayani para tamu yang datang.

TRIBUN BALI/CISILIA AGUSTINA SIAHAAN Patung Dewi Sri di Restoran Bebek Joni, Ubud, Bali.
Tak ketinggalan fasilitas akses internet gratis berupa free WiFi pun disediakan di sini. Para wisatawan asing dari berbagai negara pun kerap mengunjungi tempat ini. "Kita banyak kerja sama dengan agen-agen Travel," ujar Ni Wayan Sarmi.

Dia pun menyebutkan, peran agen-agen perjalanan ini sangat penting dalam menyebarluaskan nama Bebek Joni kepada para wisatawan. (cas)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.