Kompas.com - 02/10/2014, 17:09 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

DI masa-masa liburan, mau tak mau pengeluaran pasti membengkak. Apalagi jika bepergian ke luar negeri dengan anggota keluarga, maka dipastikan bujet Anda akan bertambah.

Tetapi tenang saja, karena dengan beberapa kiat berikut, Anda dan keluarga bisa berhemat saat berlibur di luar negeri.Anda bisa menikmati liburan tanpa dihantui rasa cemas soalbujet yang pas-pasan. Dengan melakukan beberapa trik ini, dijamin pengeluaran Anda selama liburan tetap terkendali.

Rumah Makan Lokal 

Artinya, jangan langsung tergiur dengan rekomendasi rumah makan yang kerap dikunjungi turis. Biasanya, mereka akan memasang harga yang lebih mahal. Luangkan waktu mencari rumah makan yang biasa dikunjungi warga lokal. Harganya pasti lebih bersahabat, dan cita rasanya pastilah lebih orisinal dibanding restoran mahal.

Waktu yang tepat mengunjungi supermarket

Seringkali, untuk menghemat, banyak orang memilih untuk berbelanja ke supermarket dan lantas memasak sendiri. Jika Anda tergolong turis seperti ini, maka jika Anda bepergian ke luar negeri, pastikan Anda mendatangi supermarket satu jam sebelum mereka tutup. Biasanya, di waktu-waktu itu, Anda akan menemukan makanan siap saji dengan diskon besar-besaran.

Belanja cermat 

Anda tidak mengunjungi sebuah negara untuk membeli barang yang sebenarnya sudah ada di Indonesia kan? Karena itu, pilihlah alternatif berbelanja di jalanan. Biasanya Anda akan menemukan banyak hal menarik di pasar lokal atau bahkan pasar loak. Anda dijamin memiliki benda-benda unik yang tidak ada di belahan dunia manapun, dengan harga yang supermurah pastinya.

Beli tiket borongan 

Jika Anda dan keluarga berencana mendatangi banyak tempat liburan, biasanya banyak kota di dunia menyediakan faslitas tiket borongan. Rajin-rajinlah mengamati diskon-diskon yang menawarkan pilihan potongan harga untuk seluruh keluarga.

Gunakan transportasi umum 

Tidak ada yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih praktis daripada menggunakan transportasi publik setiap Anda bepergian di negara lain. Lupakan taksi atau sewa mobil jika budget  Anda terbatas. Dengan menaiki kereta api bawah tanah atau bus umum, dijamin Anda mencicipi kehidupan sebagai penduduk lokal.

(Yetta Angelina)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.